SULTRAKINI.COM: WAKATOBI- Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi memberikan santunan kepada 42 keluarga veteran di hari Pahlawan, Jumat (10/11/2017). Santunan merupakan bentuk penghargaan pemerintah atas perjuangan mereka mempertahankan kemerdekaan RI.

Hari Pahlawan, Veteran Wakatobi Terima Santunan
Ilustrasi. (Foto: Google)

Bupati Wakatobi, Arhawi mengatakan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dengan segenap pemikiran, tindakan, dan gerakan perjuangan kolektif membawa kenikmatan hidup masyarakat Indonesia di saat ini.

"Para pendiri bangsa menggambarkan pesan penting kepada kita. Pesan itu adalah bahwa setelah kemerdekaan diraih, tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur," kata Arhawi.

Menurutnya, peringatan hari pahlawan didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. 

"Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya, dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama melebur 

menjadi satu untuk berikrar, bergerak, dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia," ujar Arhawi.

Harapan dan pengorbanan itulah kata dia, yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia lebih baik, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa, dan terus membangkitkan semangat perjuangan Indonesia. Serta terus memberi sumbangsi penting sebagai bagian dari persaudaraan umat manusia di dunia. 

Upacara hari pahlwan ini diikuti oleh TNI, Polri, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan PNS di lingkup Pemda Wakatobi.


Laporan: Amran Mustar Ode

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations