SUARA

Hari Raya Nyepi, Bandara Bali Ditutup

SULTRAKINI.COM: JAKARTA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau dikenal dengan nama AirNav Indonesia, menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) Nomor A0117/18 yang berisi informasi penutupan Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia, Didiet K. S. Radityo menerangkan penutupan ini dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi di Bali. Jadwal penutupan sementara dilakukan pada Sabtu, 17 Maret 2018 mulai pukul 06.00 Wita. Aktivitas bandara kembali normal pada Minggu, 18 Maret 2018 pukul 06.00 Wita.

“Penutupan ini dilakukan, untuk mendukung saudara-saudara kita yang menjalankan rangkaian peribadatan dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi, khususnya di Bali agar lebih khusyuk dan khidmat,” ucapnya, Jumat (16/3/2018).

Didiet menambahkan, terdapat 410 penerbangan berjadwal yang terdampak akibat penutupan ini, terdiri dari 217 pergerakan pesawat domestik dan 193 pergerakan pesawat internasional.

“Sedangkan untuk extra flight sampai saat ini, kami belum menerima permintaan karena memang maskapai sudah terinfo mengenai hal ini. Penutupan ini, telah disampaikan sejak jauh hari kepada seluruh pemangku kepentingan penerbangan di Indonesia sehingga langkah antisipasi dan pencegahan telah dipersiapkan secara matang,” ungkap Didiet.

yamaha

Meski Bandara I Gusti Ngurah Rai ditutup sementara, penerbangan dengan status emergency bisa tetap mendarat sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Jika terdapat penerbangan emergency yang terbang di ruang udara Denpasar, tetap akan mendapatkan prioritas untuk dapat mendarat. Untuk mengantisipasi hal ini, kami tetap menyiagakan personil navigasi penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai sehingga tetap dapat segera memberikan layanan navigasi penerbangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujar Didiet.

Di kesempatan tersebut, Didiet juga memberikan ucapan selamat kepada umat Hindu di Indonesia. “Saya mewakili segenap jajaran Direksi, Dewan Pengawas dan Karyawan AirNav Indonesia mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu di Indonesia yang merayakannya,” pungkasnya.

Perusahaan Umum (Perum) Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau dikenal dengan Airnav Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang didirikan 13 September 2012.

Airnav Indonesia didirikan sesuai amanat UU Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan bertugas menyediakan pelayanan navigasi penerbangan. AirNav melayani navigasi penerbangan di 285 titik layanan di seluruh Indonesia. Selain itu, AirNav juga melakukan pelayanan navigasi penerbangan di sejumlah ruang udara negara lain. Luas ruang udara Indonesia adalah 1.476.049 NM, sementara AirNav melayani Flight Information Region (FIR) seluas 2.219.629 NM.

 

Sumber: AirNav Indonesia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.