SULTRAKINI.COM: KENDARI - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Provinsi Sulawesi Tenggara akan memberikan penghargaan kepada para pemuda Sultra, yang menginspirasi masyarakat di Bumi Anoa. Penganugerahan itu diberikan saat peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang di Grand Clarion Hotel Kendari.
Hari Sumpah Pemuda, KNPI Sultra Beri Award Pemuda Inspiratif
Ketua DPD KNPI Sultra Umar Bonte (jas biru) didampingi jurnalis senior M. Djufri Rachim saat memimpin rapat KNPI bersama Sultrakini Institute di kantor SultraKini.com, Sabtu (21/10/2017) membahas perayaan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017. (Foto: dok/SULTRAKINI.COM)

Nominasi penghargaan itu diantaranya pemuda inspirator di bidang politik, enterpreneurship, olah raga, seni budaya, lingkungan dan pertanian, pariwisata, ilmu pengetahuan dan teknologi, kesehatan, sosial kemasyarakatan, kreativitas, serta pemuda inspirator di media sosial. Penghargaan akan diberikan saat malam "Penganugerahan Pemuda Inspiratif KNPI Sultra 2017", Sabtu 28 Oktober 2017 nanti.

Ketua DPD KNPI Provinsi Sultra, La Ode Umar Bonte menjelaskan, penghargaan perlu diberikan kepada para pemuda yang telah menginspirasi apalagi menggerakkan banyak orang, untuk berbuat lebih baik dan bermanfaat bagi kehidupan orang banyak.

"Momentum perayaan hari sumpah pemuda harus dilakukan dengan membangkitkan semangat para pemuda Sultra untuk berbuat lebih, terutama memberi manfaat bagi masyarakat. Banyak orang yang telah berbuat kebaikan, juga memberi inspirasi, bahkan menggerakan orang lain juga. Ini perlu diapresiasi," kata Umar Bonte, yang kini menjadi anggota DPRD Kota Kendari.

Penerima penghargaan ini, dipilih oleh tim dari DPD KNPI Sultra sendiri. Tim tersebut terdiri para akademisi, praktisi media, entertainer, aktivis dan perwakilan perempuan. Tim diketuai oleh Dr. Ishak Bagea yang merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Kendari.

Ketua tim KNPI Award, Ishak Bagea mengatakan, pihaknya telah menetapkan beberapa indikator penilaian. Diantaranya masih berusia 16-40 tahun pada 2017, aktif, inspiratif, inovatif, berintegritas, dan konsisten di bidangnya.

"Selain itu, tim menilai pemuda yang masuk nominasi adalah yang sejalan dengan visi dan misi Pancasila serta memberi nilai lebih terhadap kehidupan para pemuda di masa kini. Bukan sekadar eksis tanpa memberi manfaat bagi orang lain," jelas Ishak.

Sementara itu, Umar Bonte menambahkan, dalam rangkaian pemberian award tersebut akan digelar diskusi pemuda bekerja sama dengan Forum Jurnalis Sultra, untuk membahas isu-isu pemuda terkini, yang dapat menginspirasi para pemuda di Sultra.

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations