SUARA

Harlah Ansor: Nikmatnya Berbagi

SULTRAKINI.COM: Berbagi. Penulis ingin mengawali tulisan ini dengan kata sederhana namun syarat akan makna, mungkin dalam bahasa zaman Now “simple tapi istimewa”. Itulah yang penulis bisa gambarkan dalam memaknai kata tersebut. Terdiri dari satu kata, pengucapannya pun sangat mudah namun makna, manfaat yang didapat sangat besar, inilah yang kemudian menggerakkan hati sahabat-sahabat dari Gerakan Pemuda Ansor Kota Baubau untuk melakukan kegiatan bakti sosial dalam rangka Harlah Ansor ke-84.

Oknow
Gerakan Pemuda Ansor adalah salah satu organisasi terbesar dan sangat berperan penting dalam perjalanan hidup bangsa yang kita cintai ini, sepak terjang organisasi ini tidak usah diragukan dan tidak perlu dipertanyakan lagi selama ini, banyak kontribusi yang telah diberikan demi tegaknya keutuhan Bangsa dan Negeri yang sangat kita cintai ini.

Penulispun sadar tidak bisa menguraikan satu per satu terkait sepak terjang organisasi ini. Namun satu hal yang tidak disangkal lagi adalah Gerakan Pemuda ansor akan tetap eksis dalam mengawal keutuhan NKRI. NKRI Harga Mati !!!

Kalau diibaratkan seorang manusia, usia Gerakan Pemuda Ansor saat ini sudah masuk dalam kategori tua, semakin matang, bahkan terkadang di usia sekarang, kalau diibaratkan manusia, maka tidak jarang sudah sakit-sakitan atau mungkin tidak sehat lagi, sudah banyak gangguan yang terjadi dalam tubuhnya. Namun itu manusia.

Berbanding terbalik dengan organisasi ini, di usia yang semakin matang ini Gerakan Pemuda Ansor terus bergerak, terus berkarya, dan terus berkontribusi pada bangsa ini, mungkin istilahnya makin tua makin menjadi, makin eksis.

Hal tersebut dapat dilihat pada media, misalnya gerakan-gerakan yang dilakukkan oleh organisasi ini dalam mengawal keutuhan NKRI sangat dominan, salah satunya dengan melawan keras organisasi-organisasi yang mencoba merongrong pancasila dan NKRI yang kita cintai ini.

Kontribusi Gerakan Pemuda Ansor ditingkat nasional, mendorong organisasi ini pada tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan gerakan-gerakan ataupun berkontribusi positif dalam pembangunan bangsa/daerah. Tidak terkecuali Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kota Baubau selalu berupaya dengan segala sumber daya yang ada untuk berkontribusi positif dalam segala hal. Dengan tema “Ansor Peduli” di Harlah ke-84 tahun ini, GP Ansor Kota Baubau kembali menyambangi beberapa panti asuhan yang berada di Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau.

Kegiatan sosial yang dilakukan 1 hari ini juga melibatkan Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Buton Selatan yang dalam hal ini diwakili oleh sahabat Hardi Kamaru, Sekretaris Umum Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Buton Selatan.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 Mei 2018 ini, Gerakan Pemuda Ansor menyambangi tiga panti asuhan yang terletak di Kecamatan Sorawolio.

Pada kesempatan yang sama Mursalam, S.Sos.I., M.Pd.I. selaku Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor Kota Baubau berharap apa yang dilakukan oleh Gerakan Pemuda Ansor hari ini dapat membawa manfaaat bagi kita semua terutama adik-adik yang berada dipanti, mantan Sekretaris Umum KNPI Kota Baubau ini juga berharap bahwa kegiatan ini selain masuk dalam program kerja organisasi diharapkan juga bisa menjadi pembelajaran bagi kader-kader Gerkan Pemuda Ansor untuk meningkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama, ini menjadi penting karena melihat kondisi ketimpangan sosial hari ini masih sangat besar, sehingga sangat dibutuhkann kadder-kader militant yang juga peka dengan kondisi sosialnya.

yamaha

“Tidak ada ruginya untuk kita saling berbagi, malah sebaliknya banyak manfaat yang akan diperoleh dari hal tersebut,” tutup Ketua Gerakan Pemuda Ansor dalam sambutannya bersama pengurus dan anak-anak panti Asuhan.

Bagi pengurus Gerakan Pemuda Ansor, berbagi bersama saudara-saudara di panti dapat membuka mata hati kita akan pentingnya berbagi. Perasaan haru pun tidak bisa dibendung ketika mendengar cerita dari pengurus panti tentang latar belakang anak-anak panti, kondisi panti hari ini dan berbagai cerita lainnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari hal tersebut.

Melihat anak panti yang sudah tidak bersama orang-orang yang disayanginya, saat-saat dimana mereka harusnya membutuhkan kasih sayang seorang ayah/ibu, namun sang pencipta berkehendak lain, tentunya Tuhan punya rencana lain dan rencana Tuhan pasti lebih baik.

Namun semangat para anak-anak panti tidak pernah pudar, mereka selalu ceria, selalu penuh optimisme dalam menjalani hidup, terpancar dari wajah-wajah mereka nan anggun dan rupawan. Inipun tidak lepas dari para mentor, pengurus panti yang selalu tangguh dalam mendidik, memotivasi anak-anak panti, kader-kader penerus bangsa.

Disisi lain hal yang sangat membanggakan ketika mendengarkan seorang anak kecil, polos, melantunkan ayat-ayat suci Al Quran dengan suara yang sangat merdu dan penuh penghayatan, membawa kedamaian dalam hati bagi yang mendengarkannya.

Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat, selalu dalam lindungan-Nya, terus semangat dalam menjalani hidup, sukses selalu dan semoga cita-cita kalian bisa tercapai menjadi penghafal-penghafal Al Quran.
Itulah perjalanan Gerakan Pemuda ansor dalam memperingati Harlah Ansor ke 84 tahun ini.

Banyak hal yang dapat dipetik, dijadikan pembelajaran. Penulis sangat menyadari Tulisan sederhana ini, masih sangat jauh dari kesempurnaan, ini hanyalah sebatas opini yang terlahir dari buah pemikiran-pemikiran kecil dari penulis.

Setidaknya tulisan ini bisa menjadi pembelajaran bagi penulis sendiri untuk lebih peka lagi dengan kondisi sosial hari ini dan yang terpenting adalah banyak bersyukur dengan segala apa yang telah dimiliki. Semoga kita semua menjadi insan-insan yang bermanfat bagi sesama, agama, bangsa, dan negara yang kita cintai ini.

Selamat hari ulang tahun Gerakan Pemuda Ansor, Jayalah Gerakan Pemuda Ansor!!!

 

Sumber: Muhamad Asrul Salam, S.Pd

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.