Hasil Kajian UHO Tentukan Pemekaran Kolaka

SULTRAKINI.COM: KOLAKA- Rencana pemda Kolaka, Sulawesi Tenggara untuk membentuk sebagain daerahnya menjadi daerah otonom terus digenjot. Dalam sebuah kesempatan, Bupati Kolaka Ahmad Safei menjelaskan proses pembentukan daerah otonomi itu masih dalam kajian Universitas Haluoleo Kendari,Sulawesi Tenggara.

 

\”Kami serius dalam rencana itu. Jadi proses pengkajian masih berjalan dan kita belum pastikan pengusulannya. Yang kami percayakan untuk mengkaji itu Unhalu (UHO-red) Kendari,\” katanya.

 

Dia menambahkan untuk tindak lanjutnya pastilah menunggu dari hasil kajian tersebut. Apakah memenuhi kriteria atau masih ada yang kurang. \”Baru kita usulkan pemekaran kota madya Kolaka atau pemekaran Kolaka bagian selatan,\” tambahnya.

 

Ucapan Pelantikan Polres Butur DPRD #Random

Ahmad Safei juga kembali mengingatkan bahwa wacana pemebentukan Kabupaten Kolaka menjadi kota madya bukan tanpa dasar. Menurutnya Kolaka berperan penting dalam terbentuknya Provinsi Sulawesi Tenggara. Yang dimana Kolaka menjadi salah satu daerah pendukung yang kemudian dibentuk menjadi Kabupaten bersama kabupaten Muna, Buton dan Kendari. \”Saat berdirinya provinsi Sultra ada empat Kabupaten yang menjadi penunjang seperti Kabupaten Kendari, Muna, Buton dan Kolaka,\” ungkapnya.

 

Ketiga daerah itu sudah menjadi Kota seperti Kendari,dan Bau- Bau sementara Muna saat ini juga diusulkan menjadi Kota. \”Jadi wajar kalau Kolaka juga meriah status menjadi Kota,\” jelasnya.

 

Seiring waktu berjalan, pemerintah Kabupaten Kolaka masih terus melakukan pembenahan infrastruktur lainnya sebagai penunjang kelayakan sebuah kota. Kini pemerintah daerah Kolaka menggenjot pengembangan Kabupaten Kolaka menjadi kota jasa dengan memperluas infrastruktur jalan.

 

\”Kalau memang ini semua sudah selesai maka kita akan mengusulkan kenaikan status Kolaka menjadi Kota,\” tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.