Hasil Operasi Patuh Polres Konawe Terbanyak, Berharap Warga Tertib

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Hasil Operasi Patuh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Konawe terbanyak di Sultra. Selama operasi berlangsung, jumlah kendaraan roda dua yang terjaring mencapai 940 unit. Menariknya, mereka yang terjaring didominasi oleh penggendara yang masih berusia di bawah umur.

 

Kasatlantas Polres Konawe, Muh. Alka SIK menjelaskan, operasi patuh berlangsung selama 16 hari. Dimulai sejak tanggal 16 sampai 29 Mei. Ia membeberkan, saat operasi pelanggar didominasi oleh pengendara dibawah umur sebanyak 443 orang. Sementara pelajar mencapai 278. Sedang lainnya adalah orang dewasa dari berbagai profesi.

 

“Operasi patuh adalah tindak lanjut dari oprasi simpatik yang telah jalan sebelumnya. Saat operasi simpatik, kami lihat masih banyak pengendara yang surat-suratnya belum lengkap. Tetapi saat itu kami hanya lakukan sosialisasi sekaligus teguran, belum ada tindakan, setelah oprasi patuh barulah kami tindak,” jelasnya.

 

Saat operasi, lanjut Alka, pihaknya tidak hanya memberi tilang, tetapi juga memberikan sosialisasi, membagikan stiker tentang cara berkendara yang baik. Operasi yang dilakukan juga menjadi bagian untuk menyambut Ramadhan dan Idul Fitri.

 

“Jadi, kita lakukan operasi cipta kondisi agar di bulan puasa ini masyarakat bisa tertib saat berkendara,” jelasnya.

 

Alka berharap, adanya operasi tersebut bisa memberikan rasa sadar berkendara kepada masyarakat Konawe. Khususnya pemahaman terhadap aturan beralulintas dan melengkapi surat-surat kendaraannya.

 

Alka mengaku, sekuat apapun upaya kepolisian, jika tidak ada dukungan dan kesadaran dari masyarakat, semuanya pasti bakal sia-sia. \”Jadi semua surat-surat kendaraan yang sudah ditindak akan disidangkan. Sidangnya juga bertahap, tahap pertama mulai tanggal 3 dan yang keduanya tanggal 10 Juni,” tandasnya.

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.