SUARA

Hasil UNP 2016 Hancur, Setengah Peserta Tidak Lulus

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Hasil Ujian Nasional Perbaikan (UNP) 2016 di Sulawesi Tenggara sangat tidak memuaskan. Sebab, dari total 530 peserta UNP, hanya 202 orang dinyatakan lulus.

UNP diujikan dalam empat kategori, yakni SMA sederajat IPA, SMA Sederajat IPS, dan SMA Sederajat Bahasa. Berdasarkan data hasil UNP untuk empat kategori tersebut, Bahasa Indonesia dari 152 peserta ujian hanya 49 orang lulus, Matematika dari 337 orang hanya 14 orang lulus dan Bahasa Inggris dari 345 orang hanya 34 orang lulus.

Hasil yang sama juga diketahui untuk pelajaran khusus dari tiap kategori. Peserta kategori SMK  diharuskan memilih tiga mata pelajaran umum, dan satu mata pelajaran khusus, seperti Teori Kejuruan. Namun umumnya peserta hanya memilih bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris pilihan peserta.

Sementara untuk kategori SMA/MA IPA pada mata pelajaran Biologi, dari 66 orang peserta ujian hanya 11 orang lulus. Mata pelajaran Kimia dari 114 hanya 16 orang lulus, Fisika sebanyak 78 orang tapi 19 orang saja.

yamaha

Sedangkan peserta SMA/MA IPS mata pelajaran ekonomi dari 102 orang peserta ujian hanya 7 orang dinyatakan lulus, sosiologi dari 105 orang hanya 16 orang lulus dan geografi sebanyak 97 orang hanya 36 orang lulus.

Kategori SMA Bahasa, dari empat peserta yang memilih mata pelajaran bahasa dan sastra indonesia, tidak satupun yang lulus. Demikianhalnya dengan tiga mata pelajaran umum lainnya yang tidak ada satupun peserta lulus.

Terkait hasil UNP ini, Proktor Utama Sekolah Pelaksana UNP 2016 Darwis menjelaskan, banyaknya peserta tidak lulus disebabkan karena peserta kurang belajar, lupa jadwal ujian pelajarannya, bertepatan jadwal kuliah dan kurang siapnya peserta ujian secara online.

“Standar Kelulusan 55 keatas. Jadi kalau 55,0 tidak lulus, harus 55,1 lulus, atas hasil ini tidak ada perbaikan,” kata Darwis, Selasa (20/9/2016).

Total peserta UNP 2016 di Sultra juga diikuti peserta diluar Sultra sebanyak empat orang. Mengikuti UNP 2016 di Sultra sebanyak 795 orang melakukan pendaftaran ulang. Tapi hanya 530 peserta saja yang mengikuti tes yang dilaksanakan di SMAN 4 Kendari.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.