SUARA

Hati-hati, Masalah Kencing Ini Bisa Jadi Tanda Batu Ginjal

SULTRAKINI.COM: Penyakit batu ginjal bisa dialami oleh siapa saja. Meskipun paling banyak melanda pria, wanita juga mesti waspada. Penyakit ini muncul karena adanya endapan mineral yang mengeras dan terbentuk di ginjal.

“Biasanya batu ginjal terdiri dari mineral tertentu 90 persennya adalah kalsium oksilat dan 10 persennya adalah asam urat,” kata pakar urologi, David Kaufman, MD, di New York City. 

Ada beberapa cara yang dilakukan dokter untuk bisa mengobati batu ginjal, dan akhirnya tergantung pada ukuran dan lokasinya, kata Kaufman. Batu yang lebih besar bisa dipecah menjadi potongan yang lebih kecil dengan perangkat yang disebut Extracorporeal Shock Wave Lithotripter yang melewati gelombang energi ke tubuh.

Sayangnya, beberapa batu bisa berukuran 1,5 sentimeter atau lebih besar sehingga pasien harus dioperasi. Tapi, alangkah baiknya untuk mengetahui gejala batu ginjal yang paling umum, seperti dikutip Prevention, Selasa (16/1/2018).

1. Nyeri di punggung, perut, atau pinggang

Hal ini terjadi karena ureter tabung kecil yang mengeluarkan urine dari ginjal ke kandung kemih terhalang oleh batu. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah di sekitar ginjal, yang terletak di tengah punggung. Tapi rasa sakit itu bisa menyebar ke perut bagian bawah atau paha.

2. Sakit atau rasa seperti terbakar saat buang air kecil

Ini biasanya terjadi ketika batu hendak meninggalkan ureter dan masuk ke kandung kemih Anda, kata pakar urologi di california, Brian Norouzi, MD.

3. Urine berdarah

yamaha

Batu ginjal menyebabkan lapisan di dalam ginjal dan kandung kemih sensitif. Alhasil, batu itu akan menggores jaringan atau mengiritasi hingga menyebabkan pendarahan dan muncul di kencing.

4. Buang air kecil terus menerus

Ketika batu melewati ureter, hal ini akan mengganggu kandung kemih dan membuat seseorang merasa harus sering kencing.

5. Mual dan muntah

Ini berarti ureter tersumbat, sehingga mengganggu saraf ke usus dan ginjal dan mempengaruhi saluran pencernaan Anda. Hal inilah yang membuat seseorang merasa mual dan bahkan muntah.

6. Demam dan menggigil

“Demam dan menggigil sendiri mungkin bukan tanda batu ginjal, tapi jika Anda memiliki gejala lain, itu pertanda Anda memiliki infeksi,” kata Kaufman.

Jika Anda mengalami demam dan kedinginan bersamaan dengan gejala batu ginjal lainnya, segera periksakan diri ke dokter.

Sumber: liputan6.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.