Hindari Bau Mulut dan Badan dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Ini

SULTRAKINI.COM: Ternyata bau badan tidak lain hanya karena banyaknya aktivitas yang memicu keringat, dan tidak disebabkan karena kelenjar keringat bermasalah. Ada beberapa makanan dapat memicu munculnya bau badan. Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya mengurangi mengonsumsi makanan yang dapat membuat bau badan.

Bau badan adalah salah satu masalah yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Tak hanya soal kebersihan diri, ternyata bau badan juga banyak disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi.

Kandungan atau senyawa yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi dapat menjadi salah satu alasan di balik adanya bau tersebut. Mengkonsumsi jenis makanan tertentu perlu diperhatikan untuk mencegah timbulnya bau badan.

1. Kari

Makanan yang akan menyebabkan bau badan adalah kari. Hal ini disebabkan oleh rempah-rempah yang beraroma kuat yang menghasilkan gas sulfur yang dapat menyebabkan bau badan. Senyawa sulfur diserap ke dalam pembuluh darah, akan keluar kembali melalui paru-paru hingga dapat menyebabkan bau mulut dan bau badan.

2. Sayuran Cruciferous

Tak semua jenis sayuran dapat menyebabkan bau badan. Hanya jenis sayuran cruciferous ini seperti brokoli dan juga kubis yang menyebabkan bau badan. Selain itu, sulfur yang terkandung dalam jenis sayuran ini juga menimbulkan efek perut kembung dan buang angin berlebih.

3. Daging Merah

Seporsi besar daging merah sulit untuk dicerna, sehingga akan menyisakan residu yang akan dilepaskan bersama keringat, ketika bercampur dengan bakteri di kulit, akan menajamkan bau badan.

4. Gorengan dan Junk Food

Dua jenis makanan ini adalah makanan yang banyak disukai. Tapi, kandungan yang ada dalam kedua makanan ini cukup berbahaya. Selain memiliki sakit jantung dan kolestrol tinggi, lemak serta minyak yang terkandung dalam makanan olahan dan berminyak ini menyebabkan bau mulut dan bau badan yang tidak sedap. Keduanya tidak memiliki molekul klorofil yang dapat membantu mengusir bau dari tubuh.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas juga menyebabkan bau badan. Meskipun dapat mempercepat metabolisme, makanan ini juga akan menyebabkan bau badan karena gas yang dilepaskan melalui pori-pori kulit. Senyawa kimia yang ada dalam makanan ini dapat masuk ke pembuluh darah dan mempengaruhi serta keringat. Ditambah lagi, bau ini bisa bertahan selama beberapa jam.

6. Bawang-Bawangan

Salah satu makanan yang dapat membuat bau adalah bawang. Jenis-jenis bawang seperti bawang merah dan bawang putih yang mengandung senyawa belerang menghasilkan bau tajam. Ketika mengonsumsi makanan yang mengandung bawang, senyawa yang sebelumnya diserap aliran darah akan kembali keluar melalui paru-paru hingga membuat mulut bau. Selain itu, baunya juga bisa keluar melalui keringat menyebabkan bau badan.

7. Telur dan Jeroan

Telur dan jeroan merupakan dua jenis makanan yang mengandung kolin yang dapat menghasilkan bau tak sedap. Kolin yang terkandung dalam makanan ini menghasilkan zat kimia yang disebut trimethylamine (TMA), menghasilkan bau badan amis yang dapat tercium pada keringat, air liur, nafas, dan urin. Selain telur dan jeroan, makanan lain yang mengandung kolin adalah ikan, kacang-kacangan, dan gandum.

Dari berbagai sumber

Laporan: Wa Ode Rahmah Maulidya Wuna

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.