SULTRAKINI.COM: Umumnya wanita sering mengalami masalah pada vagina, namun seringkali dirahasiakan. Rasa malu membuat wanita ragu untuk mencari pertolongan.
Hindari Vagina Kering, Ini Penyebabnya
Memasukkan benda asing seperti obat-obatan. (Via: doutissima.com)

Menurut sebuah jejak pendapat, empat dari sepuluh wanita menderita vagina kering. Kondisi ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan saat bercinta, sulit mencapai orgasme dan membuat libido menurun.

Melansir Daily Mail, Jumat (27/10/2017), kekeringan pada vagina juga membuat wanita menjadi lebih sering buang air kecil dan rentan pada infeksi saluran kemih. Menurut Dr Leah Millheiser, asisten profesor klinis kebidanan dan ginekologi di Stanford University, ada 5 pemicu penyebab vagina kering. Berikut penjelasannya.

1. Menapouse

Kekeringan akan mempengaruhi kehidupan wanita saat memasuki masa menapouse. Perubahan tersebut menyebabkan kadar estrogen menurun, seiring dengan kadar hormon steroid lainnya, menurut International Society for Sexual Medicine.

Penurunan ini membuat jaringan vagina lebih tipis dan kering, kurang elastis dan lebih rapuh, serta menyebabkan ketidaknyamanan saat bersenggama. Solusi: Gunakanlah pelembab berbasis silikon dan tak mengandung bahan kimia.

2. Penggunaan KB

Penggunaan KB menjadi salah satu penyebab umum kekeringan vagina yang banyak melanda wanita di usia muda. Pil KB akan menekan esterogen dan testosteron, di mana keduanya memiliki andil penting dalam kesehatan vagina. Solusi: Konsutasikan ke doter untuk mengetahui pengaturan dosis pil KB yang tepat.

3. Pilek dan obat-obatan

Hawa dingin atau flu bisa memicu dehidrasi dalam banyak hal, tak terkecuali vagina. Selain itu, Dr. Millheiser mengatakan bahwa obat-obatan seperti antihistamin atau Sudafed dapat menyebabkan masalah ini juga dengan mengeringkan selaput lendir. Solusi: Untuk masalah ini cukup terbilang mudah, Anda cukup menghentikan pengobatan.


Sumber: liputan6.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations