Hiu Paus Terdampar di Kendari Panjangnya 3,2 Meter, Berikut Fakta Lainnya

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Penemuan ikan besar di sekitaran bawah Jembatan Teriping Kota Kendari dipastikan jenis hiu paus, Sabtu (2/1/2021). Berikut sejumlah faktanya.

Informasi dihimpun Sultrakini.com, Hiu Paus di sekitaran bawah Jembatan Teriping itu panjangnya 3,2 meter dan siripnya satu meter. Hiu ini dikategorikan anakan, sebab induknya bisa lebih besar lagi dan beratnya bisa mencapai 6 ton.

Cerita Hj Sitti Hasna Dengmangasi (57), penerus usaha Rumah Makan Mangrove, ikan tersebut nampak ada sejak Jumat (1/1) sore, berenang-berenang di kali samping rumah makannya.

“Dari kemarin sore, ada om (sanak keluarga) dari kemarin (1/1) sore itu ikan, dia berenang-berenang dekat perahu,” ucapnya kepada Sabtu (2/1/2021).

(Baca: Ikan Mirip Hiu Paus Terdampar di Kendari)

Rumah makan milik Hj Hasna tepat berada di pinggir kali yang aliran airnya hingga ke Teluk Kendari. Jika naik air, tinggi kali lebih dari satu meter.

Hiu Paus terdampar di Kota Kendari, Sabtu (2/1/2020). (Foto: Sarini Ido/SULTRAKINI.COM)

Peristiwa tersebut rupanya bukan hal baru bagi Hj Hasna, sebab kejadian serupa pernah terjadi pada 24 Desember 1996. Namun, ikan yang terdampar adalah Lumba-lumba yang panjangnya sekitar 4,70 meter. Namun, ikan Lumba-lumba tersebut mati ketika terdampar. Sempat ikan ini diberi nama Iksan Alhamid lantaran ada sejumlah hal yang dianggap magis dari penemuan ikan tersebut.

“Pernah ada ikan juga, Lumba-lumba, panjangnya sekitar 4,70 meter karna hampir sama besar dengan pendopo. Lebih besar lagi dari ini ikan (Hiu Paus yang ditemukan),” tambahnya.

Laporan: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.