SUARA

Honorer Setda Butur Lima Bulan Belum Terima Gaji

SULTRAKINI.COM: BUTUR- Ratusan tenaga magang di Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buton Utara (Butur) nasibnya terkatung-katung. Pasalnya, sampai bulan Mei 2016 belum ada kejelasan, apakah mereka akan direkrut sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) atau tidak?

 

Bukan itu saja, honorer yang selama ini aktif bekerja belum menerima upah selama lima bulan. Padahal mereka rata-rata sudah mengabdi bertahun-tahun dan telah berkeluarga.

 

Parahnya lagi, belum selesai persoalan ini, lantas muncul lagi permohonan baru yang jumlahnya cukup \”fantastis\” mencapai angka 200 orang lebih. Para pemohon ini merupakan calon tenaga magang di lingkup Setda Butur.

 

Plt. Kabag Hukum Setda Butur, Mardan Mahfud mengatakan, yang punya SK bupati baru empat komponen, yakni pramu, cleaning servis, sopir jabatan dan penjaga malam keamanan kantor. Sedangkan tenaga bagian administrasi harus melalui perjanjian kontrak dan ini masih menunggu proses selanjutnya.

 

\”Jadi hanya empat komponen itu yang keluar SK bupati,\” kata Mardan via telepon celulernya, Rabu (11/5).

yamaha

 

Senada diungkap Kasubag Organisasi dan Tata Laksana Kepegawaian (Ortala) Setda Butur, Ardiansyah. Katanya, belum ada pemohon baru yang di SK-kan oleh bupati, kecuali empat komponen, yaitu pramu, sopir, cleaning servis dan penjaga malam.

 

Dikatakan, surat lamaran yang masuk ke Setda Butur sudah mencapai 200 orang lebih. Tetapi sampai hari ini belum ada keputusan untuk pemohonbaru karena akan disesuaikan dengan anggaran yang tersedia.

 

Menurutnya, bukan hanya pemohon baru, tetapi honorer lama pun belum ada yang keluar SK-nya. Hal ini disebabkan oleh perubahan sistem dari tenaga honorer menjadi pegawai kontrak. \”Memang tidak ada lagi tenaga honorer. Sekarang sistem P3K. Tapi kalau soal ini nanti tanya langsung sama Pak Sekda,\” ujarnya.

 

Bagaimana dengan honorer yang sudah magang bertahun-tahun? Adiansyah menjelaskan, akan dikonsultasikan kepada pimpinan. Sebab, pihaknyabekerja sesuai arahan atasan.

 

Informasi yang dirangkum media ini, sudah lima bulan terhitung mulai Januari-Mei 2016 ratusan tenaga magang Setda Butur belum menerimahonor. Mereka adalah honorer senior yang sudah bertahun-tahun bekerja sejak Butur mekar 2007 lalu. Sayangnya, bendahara daerah \”takut\”membayar gaji mereka karena terkendala SK.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.