Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

Hore.. 473 Rumah di Wakatobi akan Teraliri Air Bersih

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Sebanyak 473 rumah di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara akan mendapat bantuan pemasangan saluran air bersih secara gratis dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI tahun 2018.

Kepala PDAM Wakatobi, Subardin Bau mengungkapkan dana pemasangan dan penyambungan saluran air bersih ke rumah warga penerima bantuan menggunakan APBD Wakatobi. Setelah semua rampung dan diperiksa Badan Pemeriksan Keuangan dan Pembangunan, dana diganti menggunakan APBN.

Pemda Wakatobi mengalokasikan anggaran senilai Rp 1,2 miliar untuk pemasangan pipa air bersih kepda 473 rumah penerima bantuan yang tersebar di pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan pulau Binongko.

“Bantuan ini sifatnya dalam bentuk kontrak pos. Jadi untuk awal pemasangan kita harus pakai uang daerah, Setelah ada pemeriksaan BPKP dan dinyatakan terpasang semua, baru uang yang telah dipakai itu akan ditransfer langsung ke rekening Pemda Wakatobi dari rekening Kementerian,” jelas Subardin Bau, Kamis (17/5/2018).

Kriteria warga penerima bantuan tersebut, selain berpenghasilan rendah, juga sambungan listrik di rumah warga itu hanya sekira 450 sampai 1.300 VA.

Warga Wakatobi sebelumnya, pernah menerima bantuan pemasangan pipa air bersih untuk 500 kepala keluarga kurang mampu pada 2017.

 

 

Laporan: Amran Mustar Ode

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.