Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

HPI Kota Kendari Dikukuhkan, Program Pariwisata Bakal Menggandeng Pemkot

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Musyawarah Cabang I dan pelantikan dewan pimpinan cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia Kota Kendari periode 2018 sampai 2023 resmi dikukuhkan oleh Pemerintah Kota Kendari berdasarkan surat keputusan Dewan Pimpinan Daerah HPI Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

SK bernomor 8/SK.DPD.HPI-SULTRA/VIII/2018 menetapkan susunan Dewan Pengurus Cabang HPI Kota Kendari periode 2018-2023 dengan Ketua DPC HPI Kota Kendari dipegang Ahmad Nizar, Sekretaris Sungatman, dan memiliki empat koordinator bidang, di antaranya bidang organisasi, bidang humas bidang HRD, dan bidang kesra.

Ada tiga kegiatan DPC untuk mengimplementasikan program kerja, yaitu organisasi, pengelolaan program kepengurusan, pengembangan sumber daya manusia, dan kelembagaan organisasi dalam membentuk pemandu wisata.

DPC HPI Kota Kendari juga merencanakan program kerja sama dengan Pemerintah Kota Kendari, yaitu paket-paket pariwisata yang akan dijadikan program prioritas.

Terkait jumlah pemandu wisata, dari 3.059 pemandu wisata di Sultra, sebanyak 730 pemandu telah bersertifikasi.

“Program DPC HPI Kota Kendari bertugas untuk membackup. Jumlah pemandu wisata yang ada di Sultra sudah mencapai 3.059 orang,” ujar Dewan Pendiri DPD HPI Sultra, Laode Ali Ahmad, Kamis (30/8/2018).

Sejak tahun 2015 pembentukan pemandu Pariwusata sampai saat ini Sultra baru terdapat delapan lokasi pengurus cabang yang sudah dikukuhkan, yakni HPI Kolaka Utara, HPI Buton Utara, HPI Baubau, HPI Wakatobi, HPI Buton Tengah, HPI Buton, HPI Kendari, dan HPI Muna.

“Pemandu wisata beragam mulai dari pemandu wisata gunung, gua, ecotourism, selam,” tambah Laode Ali Ahmad.

Laporan: Rifin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.