HSBC Gandeng Mitra-Mitra Lokal Untuk Galakkan Financial Literacy

  • Bagikan
HSBC Gandeng Mitra-Mitra Lokal Untuk Galakkan Financial Literacy foto google image.com

SULTRAKINI.COM: Jakarta,Demi meningkatkan kualitas eksistensinya di Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia kembali meneguhkan komitmennya untuk selalu menjadi yang terdepan dalam edukasi keuangan dengan mengandeng mitra-mitra lokalnya dari berbagai lini, seperti Kampus seperti dengan Putra Sampoerna Foundation dan Sampoerna University, Yayasan Cinta Anak Bangsa, dan Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Menyusul keberhasilan proses integrasi yang melahirkan entitas lokal baru, PT Bank HSBC Indonesia menegaskan kembali komitmennya untuk menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dengan jaringan yang kian luas di 99 cabang dan 29 kota, Bank HSBC Indonesia kini dapat membuka lebih banyak pintu peluang bagi masyarakat Indonesia secara lebih luas, termasuk melalui Program Keberlanjutan (Sustainability).

“Sustainability bagi PT Bank HSBC Indonesia adalah mengambil peran dalam membangun kehidupan yang berkelanjutan bagi masyarakat yang terkait. Ini adalah bagian dari tekad kita untuk turut membangun pertumbuhan sosio-ekonomi di Indonesia,” kata Sumit Dutta, Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia. “Bagian terbesar di program Keberlanjutan Bank HSBC Indonesia berporos di tema literasi keuangan karena kami percaya bahwa literasi keuangan merupakan salah satu kunci keberlanjutan dan pemberdayaan masyarakat.”

Bersama mitra-mitra terpercayanya, HSBC Indonesia menggelar serangkaian program melek finansial yang termasuk dalam program HSBC Untuk Masyarakat Indonesia.Dengan tema ini, HSBC menggelar program peningkatan literasi dan inklusi keuangan untuk beragam segmen.Mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan, akademisi, hingga petani dan perempuan dengan kondisi sosial ekonomi pra-sejahtera.

“Kami berupaya untuk menciptakan dampak berarti bagi masyarakat. PT Bank HSBC Indonesia bertekad untuk membantu pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan di manapun kami beroperasi. Visi ini sejalan dengan mitra-mitra kami,” kata Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability.

Nuni menambahkan, hal ini dilakukan HSBC karena pihaknya menghargai dukungan mereka dalam menjalankan beragam program literasi keuangan, juga tokoh-tokoh inspiratif yang secara sukarela turut memperluas dampak yang diterima ke lingkungan sekitarnya.

Bekerjasama dengan PJI, HSBC menghadirkan program “Anak Cerdas” bagi siswa sekolah dasar dan “JA More than Money” untuk siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama. Program “Anak Cerdas” mencakup kurikulum pendidikan keuangan interaktif dengan menggunakan aplikasi game yang dapat dimainkan di tablet, sehingga siswa dapat mempelajari nilai-nilai keuangan dasar seperti membedakan kebutuhan dan keinginan secara menyenangkan.

Ditanamkan pula budi pekerti dalam mendapatkan uang untuk menanamkan nilai-nilai integritas/kejujuran sejak dini. Sedangkan Program “JA More than Money” mengajarkan pengelolaan keuangan dengan baik, pentingnya berhemat, dan belanja yang bijak dengan memperhatikan sumber pendapatan. Program ini telah memberi manfaat kepada lebih dari 27.000 siswa.

Untuk siswa SMK, PT Bank HSBC Indonesia berkolaborasi dengan YCAB mengajak para siswa untuk siap menjawab tantangan kesempatan kerja melalui program “Anak Bangsa Siap Berkarya”. Melalui serangkaian lokakarya, para siswa dilatih untuk siap memasuki dunia kerja maupun kewirausahaan. Sejak tahun 2015, program ini telah memberi manfaat kepada 1.090 lulusan sekolah kejuruan dan memacu 41 peluang bisnis baru. Selain itu, dengan kemitraan ini juga digelar program pemberdayaan perempuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Melalui program ini, sejumlah perempuan dari kelompok masyarakat pra-sejahtera didorong untuk memiliki usaha mikro dan memahami cara mengelolanya. Kepada mereka diajarkan bagaimana menyisihkan pendapatan untuk mengembangkan bisnis, untuk memenuhi kebutuhan primer, menabung, hingga keperluan sosial. Per Juni 2017, program tersebut telah membantu 10.117 wanita di Indonesia untuk menjadi pengusaha.

Untuk menyasar kalangan akademisi, PT Bank HSBC Indonesia bekerja sama dengan PSF. Dosen dan mahasiswa dilibatkan melalui “Program Pendidikan Perbankan dan Keuangan HSBC-PSF” untuk mengembangkan program keuangan dan perbankan di kalangan akademisi. Program ini pada akhirnya diharapkan mampu mendorong terciptanya riset-riset ilmiah di bidang tersebut, sekaligus memperkaya pengetahuan para akademisi yang akan dibaktikan kepada masyarakat luas untuk tujuan peningkatan literasi dan inklusi keuangan di kalangan mereka. Program ini juga ditujukan untuk membantu perguruan tinggi dalam menyiapkan SDM berkualitas untuk industri perbankan. Sebanyak 750 universitas, 750 dosen, 22.500 mahasiswa, 147 Lembaga Keuangan Mikro, dan 33.075 petani telah menerima manfaat dari program ini.

Bisnis Update.com

  • Bagikan