HUT ke 48, PT ANTAM Gelar Donor Darah

  • Bagikan
Donor darah HUT Ke- 48 PT ANTAM (Persero) Tbk dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 tahun 2016.

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Dalam rangkaian memperingati HUT Ke- 48 PT ANTAM (Persero) Tbk dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 tahun 2016,  PT ANTAM (Persero) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel Sultra menggelar kegiatan donor darah, Selasa (8/11/2016) di Rumah Sakit Antam Pomalaa.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun, bahkan hingga tiga kali dalam setahun. Meskipun RS Antam Pomalaa tak memiliki bank darah untuk menampung darah para pendonor, namun RS Antam UBP Nikel Sultra ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kolaka dan Unit Transpusi Darah RS Benyamin Guluh Kolaka untuk menampung darah pendonor tersebut.

Antusiasme pendonor yang mayorita Karyawan ANTAM, Mitra Kerja ANTAM, TNI 725 Woroagi serta masyarakat sejak pukul 07.30 Wita, mereka sudah mengantri mengambil formulir dan mengikuti pemeriksaan kesehatan selanjutnya masing-masing membawa kantung darah yang masih kosong ke ruangan pengambilan darah.

Public Relation Assistant Manager Antam UBP NIkel Sultra H. Umar mengatakan donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh ANTAM, baik itu ANTAM sendiri maupun bekerja sama dengan PWAT.

“Dalam satu tahun, ANTAM UBP Nikel Sultra melaksanakan donor darah massal tiga  kali. Pertama biasanya dalam rangka bulan K3, selanjutnya pada saat HUT PWAT, HUT ANTAM ” ujar H. Umar

Kegiatan tersebut sudah berjalan sekitar sembilan tahunan dan diikuti oleh karyawan dan karyawati, mitra kerja Antam dan juga TNI/POLRI serta masyarakat umum. “Alhamdulillah sebanyak 170 kantong darah yang terkumpul pada kegiatan donor darah kali ini,” jelas H. Umar

“disela-sela donor darah, Manajemen ANTAM melakukan kunjungan anjang sana menjenguk pasien-pasien yang dirawat inap di RS ANTAN Medika Pomalaa,” kata H Umar.

Sementara itu General Manager ANTAM UBPN Sultra, Tri Hartono menjelaskan, kegiatan donor darah itu dilakukan dalam rangka dirangkaikan dengan HUT ke 48 ANTAM dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 52 dan bekerjasama dengan PMI Kolaka seerta Unit Transpusi Darah (UTD) RS Benyamin Guluh Kolaka.

“Dalam setiap pelaksanaan donor darah massal, RS ANTAM Pomalaa mampu mengumpulkan 150 hingga 200 kantong darah. dan Alhamdulillah untuk kali ini sebanyak 170 orang yang mengikuti donor darah, yang artinya 170 kantong darah terkumpul dan langsung disumbangkan ke PMI Kolaka dan UTD RS Benyamin Guluh Kolaka,“ ujar Tri Hartono

“Ini kan aksi bakti sosial, sifatnya sukarela. Jadi kita tidak memaksakan karyawan untuk ikut. Tapi kami tetap menyiapkan sampai 200 kantung darah,” ujar Tri Hartono saat meninjau pelaksanaan donor darah.

Ditempat yang sama Hospital Manager RS ANTAM Medika Pomalaa drg. Muhammad Arfah menuturkan, donor darah dari sisi kesehatan sangat banyak manfaatnya. Sebab dalam kurun waktu tiga bulan, darah akan dihancurkan sendiri oleh tubuh. Karena itu sebelum dihancurkan, sebaiknya didonorkan.

“Dengan donor, akan merangsang pembentukan sel-sel darah baru. makanya setelah mendonor, pendonor akan merasa segar,” kata dr Arfah

Selain itu. ada satu penyakit yang tidak dapat disembuhkan dengan terapi. Seperti HBnya tinggi yang terapinya tidak ada selain donor darah, karena HB yang tinggi membuat darah kental sehingga beresiko terjadi penyumbatan pembuluh darah.

“Manfaat lainnya kita bisa beramal, karena satu tetes darah sangat bermanfaat bagl orang orang yang sangat membutuhkan, apalagi saat sekarang musim dimana cuaca tidak menentu sehingga terkadang banyak genangan air yang menimbulkan sarang nyamuk DBD. Biasanya bulan seperti ini trend peningkatan DBD, itu kan resiko salah satunya kematian karena pendarahan dan dibutuhkan banyak darah,” tutup dr Arfah

  • Bagikan