SUARA

HUT ke-59: Kwarda Pramuka di Sultra Terus Berkontribusi untuk Daerah

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Memperingati HUT Pramuka ke-59, Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Provinsi Sulawesi Tenggara turut mengikuti upacara nasional secara virtual yang dipusatkan di Aula Rumah Jabatan Gubernur, Jumat (14/8/2020).

Pelaksanaan upacara diikuti peserta yang jumlahnya terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan, yang dipimpin oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Pramuka Sultra, Ali Mazi.

Ketua Kwarda Pramuka Sultra, Irawan Laliasa, mengatakan pramuka sebagai organisasi tentu banyak berkontribusi untuk daerah. Meski akhir-akhir ini kegiatan kepramukaan seringklai tidak muncul di media, padahal anggota maupun pengurus selalu ada dalam setiap kegiatan sosial maupun kebencanaan. Termasuk di tengah wabah Covid-19, gerakan pramuka turut ambil bagian dalam mengedukasi dan menyalurkan bantuan sosial.

“Gerakan pramuka saat ini bukan hanya fokus pada pendidikan karakter, tapi aktif melakukan kegiatan-kegiatan sosial, bakti masyarakat dan pembangunan masyarakat. Alhamdulillah di tengah Covid-19, gerakan pramuka juga membagikan sekitar 500 maker dan itu semua murni dari sumbangan para anggota dan pengurus inti pramuka,” ujarnya.

(Baca juga: Walkot Baubau: Karakter yang Dibutuhkan di Masa Covid-19 Ada Dalam Diri Pramuka)

yamaha

Peringatan hari pramuka tahun ini, Kwarda melakukan serangkaian kegiatan, seperti bakti masyarakat dengan membagikan 1.000 masker, ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan, Tabur bunga, donor darah, Lomba Pramuka Prestasi, pertemuan pembina se-Sultra, dan Ulang Janji.

Khusus ziara kubur ke Makam Pahlawan, tabur bunga, serta aksi donor darah sudah dilaksanakan. Sedangkan kegiatan aksi pembagian 1.000 masker akan dilaksanakan secepatnya.

“Hal tersebut sebagai wujud dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid- 19 yang tengah melanda negeri kita ini,” ucapnya.

Dirinya berharap demi kemajuan gerakan pramuka di Sultra, semua pihak termasuk media sebagai corong publik dalam informasi bisa memberikan masukkan untuk kemajuan organisasi pramuka yang tidak hanya fokus pada pendidikan karakter anak dan remaja, juga semakin berkontribusi untuk daerah dan negara. (B)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.