Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

HUT Sultra ke-55, Tonjolkan Pesona Pariwisata Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara, Ali Mazi meresmikan pembukaan Pesona Halo Sultra pada peringatan HUT Sultra ke-55 di MTQ Kendari, Selasa (23/4/2019) sekitar pukul 21.20 Wita. Ajang ini akan menonjolkan pariwisata daerah selama kegiatan mulai 23-27 April mendatang.

“Momen ini menjadi penting dan strategis bagi semua pemangku kepentingan guna mempromosikan hasil-hasil pembangunan daerah, berupa produk unggulan, keperluan investasi, perdagangan, dan inovasi,” ucap Ali Mazi.

Dalam pembukaan HUT Sultra, masyarakat dimanjakan dengan pergelaran budaya, seperti tarian daerah, peragaan busana tenunan khas Sultra. Kain tenun yang disulap menjadi busana nan indah itu merupakan rancangan Agista Ali Mazi, istri gubernur Sultra.

Ratusan masyarakat yang memadati kawasan MTQ semakin antusias, ketika Band Cokelat membawakan lagu-lagu hitsnya.

Gubernur Sultra berharap, pesona pariwisata Sultra terus ditingkatkan untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi daerah. Sektor pariwisata juga membantu mengatasi pengangguran dan kemiskinan karena menyerap tenaga kerja.

Diterangkannya, Sultra dikarunia potensi pariwisata yang besar di daratan dan kepulauannya. Sultra memiliki 651 pulau yang dihuni oleh etnis lokal Bugis, Tolaki, Buton, Muna, Mekongga, dan Moronene dengan beragam pesona budaya budaya, wisata alam, bahari yang eksotik.

Pembukaan Pesona Halo Sultra dalam rangkaian HUT Sultra ke-55 di MTQ Kendari, Selasa (23/4/2019). (Foto: Nely/SULTRAKINI.COM)

Di balik pesonanya, perlu dibarengi dengan menjaga kelestariannya dengan keterlibatan unsur pemerintah dan masyarakat.

Di pembukaan Pesona Halo Sultra, turut hadir Forkopimda lingkup Sultra, Kapolda Sultra, Kejati Sultra, Danrem 143 Halu Oleo, BIN Sultra, BNNP Sultra, Lanal Sultra, Lanud Halu Oleo, jajaran pejabat Pemprov Sultra, kepala daerah se-Sultra, unsur DPRD, stakeholder, sejumlah tokoh agama, adat, pemuda, perempuan, dan tokoh masyarakat.

Laporan: Nely
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.