Hypermart Ternyata Masih Jual Barang Kadaluarsa

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Hypermart Kendari masih menjual barang kadaluarsa, Rabu (10/5/2017). Bahkan produk dengan label pangan tiga bulan sebelum kadaluarsa masih terpajang di rak penjualan pusat perbelanjaan itu.

Pantauan SultraKini.Com di dalam Hypermart tersebut, ditemukan sejumlah produk minuman siap saji berupa Values Plus (minuman susu kedelai) dengan masa kadaluarsa 10 Mei 2017 terpajang di rak penjualan. Kemudian produk minuman Yofit yang masa kadaluarsa empat hari mendatang ikut terpajang di tempat ini. Ada juga produk yang label pangannya tidak tertulis dalam kemasan produk.

Manager Hypermart Kendari, Nurwahida, mengklaim barang dengan masa kadaluarsa tinggal seminggu telah ditarik dan dimusnakan oleh karyawannya. Terkait temuan tersebut, ia mengaku bagian dari kesalahan karyawan.

“Kami sudah menarik semua barang yang sisa satu minggu tanggal kadaluarsanya, tapi mungkin ini tidak terlihat sehingga masih terpajang,” katanya.

Ketentuan penurunan barang dari rak pajangan tiga bulan sebelum masa kadaluarsa, telah ditekankan Badan Pengawas Obat dan Makanan Kendari sebagai bentuk antisipasi dikonsumsi oleh masyarakat.

Begitu pun dalam Peraturan Pemerintah RI nomor 69 tahun 1999 tentang label dan iklan pangan, dijelaskan setiap produk yang dikemas dalam wilayah Indonesia untuk diperdagangkan wajib menyertakan label pada kemasan pangan salah satunya tanggal, bulan dan tahun kadaluarsa. Pencantuman ditulis setelah tulisan ‘Baik Digunakan Sebelum’. Dalam hal produk pangan yang kadaluarsanya lebih dari 3 bulan diperbolehkan hanya mencantumkan bulan dan tahun kadaluarsa.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.