Iklan Clarion

IAIN Kendari Siapkan 2.160 Kursi Mahasiswa Baru

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru 2019, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menyediakan 2.160 kursi. Total kuota tersebut berasal dari empat fakultas dan 19 program studi (Prodi), dalam tiga jalur seleksi.

Ketua Panitia Lokal IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag mengatakan, jalur pertama adalah Seleksi Prestasi Akademik Nasional Peguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN) atau dikenal dengan istilah bebas tes. Untuk jalur ini pihaknya akan menerima sebanyak 648 mahasiswa dengan persentase 30 persen dari total kursi.

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

“Masa pendaftaran SPAN-PTKIN diperpanjang, dimana sebelumnya, masa pendaftaran dimulai tanggal 23 Januari dan berakhir 28 Februari 2019, namun kini berkahir tanggal 3 Maret 2019,” ungkapnya, Jumat (1/3/2019).

Sementara jalur kedua adalah Ujian Masuk (UM) PTKIN yang rencananya dilaksanakan tanggal 2 hingga 30 April 2019. Untuk jalur ini pihaknya akan menerima mahasiswa baru sebanyak 1.080 orang atau 50 persen dari total kuota.

“Penetapan kuota untuk jalur UM meningkat dari tahun sebelumnya, yakni dari 30 persen menjadi 50 persen. Sementara penentuan kuota SPAN-PTKIN menurun dari 50 persen jadi 30 persen.

Dia mengungkapkan, terkahir adalah jalur mandiri rencananya akan dilaksanakan di bulan Mei. Sementara jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 432 orang atau sebesar 20 persen dari total kuota.

“Persentase jumlah kursi yang disiapkan untuk jalur mandiri masih tetap seperti tahun sebelumnya, yakni 20 persen dari kursi,” tutupnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Habiruddin Daeng

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.