Pilkada koltim

Ibu-ibu Kelurahan Palabusa di Baubau Dilatih Membuat Pupuk Hingga Antiseptik Alami

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Komunitas Sukarelawan Hijau Kota Baubau, Sulawesi Tenggara memberikan pembekalan peningkatan keterampilan kepada sejumlah ibu PKK dan RT/RW di Pesisir Palabusa dan Kolagana, Kelurahan Palabusa. Para ibu ini diajarkan membuat pupuk kompos, ecobricks, dan cairan antiseptik.

Pembekalan keterampilan kepada para ibu PKK dan RT/RW di Kelurahan Palabusa bagian dari memperingati Hari Sumpah Pemuda pada Kamis, 28 Oktober 2020.

Ketua Komunitas Sukarelawan Hijau Kota Baubau, Muhammad Yunan, mengatakan pelatihan tersebut turut dikoordinir oleh kawan-kawan dari Peduli Ciptaan Indonesia, Trash Hero Baubau, Karang Taruna Mabe Lestari sebagai dukungan dari warga Kelurahan Palabusa itu sendiri.

Tiga item pelatihan digelar secara panel oleh relawan bermuda. Praktiknya juga dibagi kelompok dan berlangsung di halaman warga guna melancarkan edukasi warga, sekaligus menerapkan protokol kesehatan.

Pilkada

“Kami pula menyediakan wadah cuci tangan guna sekaligus edukasi terkait Covid-19,” ucapnya.

Di tempat yang sama, seorang member sukarelawan hijau, Darmanto, mengaku peserta kegiatan antusias dengan materi pembuatan antiseptik. Bahkan, peserta dari ibu-ibu ini menilai jika mengetahui pembuatan cairan antiseptik, bisa membawa peluang usaha nantinya.

“Ibu-ibu tertarik karena baru mengetahui tentang beberapa bahan alami yang ada di sekitar yang bisa dipakai jadi bahan hand sanitizer, misal jeruk nipis, daun sirih, lidah buaya atau cuka dapur,” jelasnya.

Kelurahan Palabusa dipilih sebagai lokasi pelatihan, sebab akses informasi dan fasilitas kelola lingkungan yang masih penuh perhatian sehingga dikhawatirkan rentan pada aspek pencemaran lingkungan. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.