Iklan Clarion

IDI Kawal Pemeriksaan Kesehatan Paslon di RSU Bahteramas Sultra

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sulawesi Tenggara menjadi pemegang kendali tahapan pemeriksaan kesehatan para pasangan calon kepala daerah dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur di Rumah Sakit Umum Bahteramas Sultra, Rabu (10/1/2018).

Tahapan pemeriksaan kesehatan para pasangan calon tersebut, KPUD Sultra bekerjasama dengan IDI Sultra. Berdasarkan jadwal, tahapan ini berlangsung mulai 8-15 Januari mendatang di RSU Bahteramas Sultra.

Selama proses tersebut, sebanyak 46 dokter dan sejumlah perawat dikerahkan pihaknya untuk memeriksakan kesehatan paslon pada Pilkada Sultra 2018 dari Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

Sekretaris Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, selaku penanggung jawab, dr.  Amri ady haris. M.Kes mengungkapkan pihaknya menjamin kemurnian dan dapat dipertanggungjawabkan tahapan pemeriksaan kesehatan tersebut.

“Tes kesehatan tetap independen dan tidak mempengaruhi proses verifikasi persayaratan bebas narkoba calon kepala daerah. Nantinya kalau ada peserta yang tidak lolos, kembali lagi pada hasil pemeriksaan bahwa itu murni tidak ada unsur kesengajaan atau mau merugikan salah satu pihak,” ucap Armi.

Usai tahapan tersebut tuntas, selanjutnya hasilnya akan diumumkan pada 16 Januari mendatang, sebelum diserahkan ke KPU setempat. Di satu sisi dirinya berharap, semua calon bisa lolos rangkaian tahapan tersebut.

“16 (Januari) pagi akan langsung mengumumkan hasil pemeriksaan kesehatan para calon kepala daerah, kemudian sore harinya akan diserahkan langsung ke KPU,” terang Armi. 

(Baca: Tiga Paslon Dijadwalkan Periksa Kesehatan di RSU Bahteramas Sultra)

Laporan: Akhir Sanjaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.