Idul Adha Sebentar Lagi, Ini Tips Memilih Hewan Kurban

SULTRAKINI.COM: Penyembelihan hewan kurban merupakan bagian dari ibadah saat Idul Adha. Menjelang hari raya ini tentunya banyak lapak penjualan hewan kurban mulai bertebaran di pinggir jalan. Walau begitu, tidak ada salahnya mencari tahu kriteria hewan yang layak untuk dijadikan hewan kurban.

Anda tidak bisa sembarangan dalam membeli hewan kurban karena hewan yang terbaik diberikan juga menjadi amalan terbaik. Lantas, apa saja tips memilih hewan kurban yang layak?

1. Jenis hewan ternak

Hewan yang akan dijadikan kurban adalah hewan ternak, seperti unta, kambing, domba, sapi, atau kerbau yang menjadi anjuran dalam Islam, yaitu berkurbanlah dengan hewan ternak.

Mengapa kita tidak jadikan ayam sebagai hewan kurban, sedangkan ayam juga hewan ternak? Karena yang dianjurkan itu adalah hewan ternak berkaki empat yang diternak oleh masyarakat umum.

2. Memenuhi Syarat Umur

Sesuai yang dianjurkan dalam Islam, hewan kurban yang akan disembelih haruslah memenuhi syarat umur. Hewan kambing atau domba berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan unta lima tahun.
Cara mengetahui hewan kurban memenuhi syarat umur, yaitu melihat apakah hewan kurban tersebut mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah.

3. Sehat

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas. Hewan kurban juga tidak boleh dalam keadaan kurus dan cacat.

Cara melihat ciri-ciri hewan ternak dalam kondisi sehat, yaitu cuping hidung basah atau lembab tapi bukan karena flu, bulu bersih dan mengkilap, nafas dan detak jantung normal, lubang kumlah bersih berwarna merah dan nafsu makan normal.

Laporan: Surya Panca Abdul Muthalib
Sumber: tribunnews.com&dompetdhuafa.org

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.