Ikut Lomba Kuliner Nusantara, Ikan Katapai Jadi Andalan Butur

SULTRAKINI.COM: BUTUR – Jelang perayaan HUT Sultra ke 52 yang akan digelar di Kabupaten Kolaka 23-27 April mendatang, Tim Pengggerak (TP) PKK Buton Utara (Butur) mulai melakukan persiapan salah satunya latihan memasak.

 

Salah satu menu kuliner andalan yang akan diolah untuk menjadi ikon Butur di perayaan tersebut yakni ikan katapai sebagai masakan pembuka.

 

Wakil ketua TP PKK Butur, Kariati Harmin mengatakan pada SULTRAKINI.COM, diajang lomba kuliner nusantara nanti, pihaknya menampilkan sejumlah produk unggulan yang menjadi makanan khas daerah. Salah satunya adalah ikan katapai.

 

\”Kita sudah terkenal dengan ikan katapai. Nanti kita ambil katapai ini sebagai menu pembuka diajang lomba kuliner nusantara,\” kata Kariati via telepon celulernya kemarin, Minggu (17/04/2016).

 

Id Bulog

Untuk bahan dasar makanan pengganti beras, lanjut dia, akan menggunakan produk lokal, seperti jagung dan ubi kayu. Jagung tersebut dibuat menjadi sosolu (kolak), sedangkan ubi sebagai makanan pokok.

 

Kariati menambahkan, minuman pada makanan pembuka diambil dari sari gula tebu. \”Jadi sari gula tebu akan disandingkan dengan katapai,\” imbuhnya.

 

Mengenai lauknya nanti, kata dia, akan menggunakan kepiting, lopster dan cumi-cumi. Bahan-bahan ini banyak terdapat di perairan Butur, bahkan dijual secara bebas oleh para nelayan.

 

Bagaimana dengan makanan penutup? Kariati menjelaskan, pihaknya akan menyajikan kue labu keraton dan epu-epu sebagai makan penutup. \”Epu-epu ini merupakan kue tradisional Butur,\” tandasnya.

 

Ia melanjutkan, untuk makanan pokok diambil dari beras wakawondu (beras kambowa). Beras ini sudah terkenal karena memiliki bau yang harus, serta cocok dikunsumsi bagi penderita penyakit gula atau diabetes meletus.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.