Ilmuwan Lakukan Survei Ukuran Payudara, Hasilnya…

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Google)

SULTRAKINI.COM: Ilmuwan telah mengukur payudara dari sekitar 400 ribu perempuan yang lahir di 108 negara berbeda dengan rentang umur 28-30 tahun. Jumlah ini tak termasuk mereka yang telah menjalani operasi payudara, yang tengah hamil, atau tengah menyusui. Para ilmuwan ini menggunakan pita meteran dalam mengukur payudara dan ada juga yang menggunakan eksaminasi visual dan pemindaian tiga dimensi.

Agak terdengar kurang kerjaan, memang. Namun, pasti selalu ada maksud di balik perhitungan tersebut. Para ilmuwan yang melakukan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Female Health Sciences ini kemudian membandingkan data-data yang diperoleh dan membandingkannya berdasarkan negara asal wanita tersebut hingga ditemukan siapa yang memiliki payudara paling besar dan paling kecil.

Kesimpulannya sebagai berikut: “Perempuan yang lahir di Amerika Serikat memiliki payudara yang jauh lebih besar daripada wanita di negara-negara lain. Sementara perempuan yang lahir di Afrika dan Asia, khususnya Asia Timur, memiliki ukuran payudara paling kecil.”

Menariknya, seperempat dari warga Amerika Kaukasia memiliki payudara seberat 5,7 kg sementara seorang perempuan Filipina yang termasuk memiliki payudara terbesar beratnya hanya 0,3 kg. Perempuan Kaukasia Amerika memiliki ukuran rata-rata payudara lebih besar daripada ukuran F di Eropa meski para ilmuwan mengakui berat badan perempuan tersebut ikut berpengaruh dan berat badan wanita Amerika adalah yang terberat.

Perempuan Kanada diketahui memiliki ukurang payudara kedua terbesar dengan rata-rata E diikuti wanita Irlandia di peringkat ketiga, wanita Polandia keempat, perempuan Inggris kelima, perempuan Belanda keenam, dan perempuan Islandia ketujuh. Perempuan di negara-negara tersebut memiliki ukuran payudara rata-rata D-cup seperti halnya di Australia, Selandia Baru, Islandia, Norwegia, Kolombia, dan Venezuela.

Sementara perempuan di Filipina memiliki payudara terkecil dengan ukuran rata-rata A-cup. Para peneliti ini merasa adanya kesadaran mengenai perbedaan ukuran payudara ini karena menurut mereka, ukuran payudara berhubungan langsung dengan harga diri dan status sosial. “Ukuran payudara seorang perempuan memiliki korelasi positif dengan daya tarik seksual dan prestise sosialnya,” tulis tim ilmuwan dalam jurnal.

Payudara Terbesar

1. Amerika Serikat

2. Kanada

3. Irlandia

4. Polandia

5. Inggris Raya

Payudara Terkecil

1. Filipina

2. Malaysia

3. Bangladesh

4. Samoa

5. Kepulauan Solomon

Sumber: Tempo.co

  • Bagikan