Imbas Proyek Jalan, Pemkot Kendari Ganti Rugi Lahan Warga

  • Bagikan
Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari, Sulkarnain. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari, Sulkarnain. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Program pembangunan dan pelebaran jalan sepanjang satu kilometer di Jalan Khairil Anwar, Kota Kendari berimbas pada lahan warga yang sudah dihibahkan. Pemerintah Kota Kendari pun menggelontorkan Rp 1,99 miliar untuk mengganti rugi lahan warga.

Pelaksana Tugas Wali Kota Kendari, Sulkarnain, mengatakan hasil pertemuan dengan 16 pemilik lahan secara persuasif, ditemukan titik terang melalui penyelesaian ganti rugi.

“Itu juga berdasarkan hasil keputusan penilaian KJPP yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai penilai tanah, Alhamdulillah masyarakat bisa menerima itu,” terang Sulkarnain usai melakukan koordinasi bersama masyarakat pemilik lahan di Kantor Wali Kota Kendari Jumat (14/12/2018).

Seorang pemilik lahan, Rekson S Limba, mengaku bersyukur atas ganti rugi dari Pemkot, sebab persoalan lahan tersebut cukup lama, bahkan 21 tahun terbengkalai oleh pemerintah setempat.

“Sebenarnya ini bukan persoalan besaran biaya ganti rugi, tapi tidak pernah dianggarkan oleh pemerintah untuk ganti rugi ini, selalu diabaikan. Kami tidak dalam posisi menghambat, kita dari dulu selalu mengatakan silahkan dibangun, tapi kan warga tolong diselesaikan. Alhamdulillah hari kita kita berterima kasih,” ucap Rekson S Limba.

Usai kesepakatan kedua pihak, pembangunan mulai dilakukan. Meskipun jadwal kontrak melewati batas karena masalah tersebut.

Pembangunan dan pelebaran Jalan Khairil Anwar dirancang dua jalur menggunakan anggaran daerah tahun 2018 senilai Rp 7 miliar.

Dikatakan Amarullah selaku Pejabat Pembuat Komitmen Dinas PU Kota Kendari, pihaknya tetap optimis pembangunan Jalan Khairil Anwar bisa dirampungkan.

“Kontrak sebenarnya sampai 20 Desember karena adanya masalah ini, sehingga terkatung-katung, tapi kita upayakan cepat terselesaikan,” ujar Amarullah PPK Dinas PU Kota Kendari pengerjaan jalan Khairil Anwar.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan