Pilkada koltim

Imigran Gelap Kembali Ditemukan Dalam Truk Pendingin

SULTRAKINI.COM: Polisi Belgia membekuk 12 orang pria imigran gelap yang bersembunyi di dalam truk kontainer berpendingin di sebuah tempat parkiran di samping jalan raya E34 di Oud-Turnhout, dekat jalan tol di Provinsi Antwerp, Belgia Utara.

Sebelum 12 orang imigran gelap diciduk, pengemudi truk pengangkut buah dan sayur mayur curiga terdapat sejumlah orang naik ke dalam truk miliknya saat memarkirkan kendaraan itu ke tepi jalan raya untuk beristirahat. Atas insiden tersebut, pihaknya-pun melaporkannya ke polisi usai menemukan segel truk rusak pada Selasa (29 Oktober 2019) malam.

Imigran gelap ini terdiri dari sebelas orang warga Suriah dan seorang pria lagi dari Sudan. Semuanya ditemukan polisi dalam kondisi selamat dan membawa mereka ke kantor imigrasi Kota Antwerp.

“Truk berpendingin acap kali menjadi sasaran karena lebih mudah mengelabui pemeriksaan yang menggunakan pemindai panas di perbatasan,” ucap juru bicara federasi transportasi Belgia, Febetra.

Federasi juga menyerukan agar pengamanan lokasi parkir di sisi jalan raya diperketat untuk mengatasi masalah tersebut.

Surat kabar Belgia De Morgen menyatakan, pengemudi truk dan kernetnya merupakan warga Polandia.

Pilkada

Setiap tahun, ribuan migran berusaha memasuki Inggris secara ilegal melalui Pelabuhan Feri Eropa. Biasanya mereka bersembunyi di dalam kendaraan roda empat.

Truk berpendingin seringkali dipilih oleh para migran untuk masuk ke negara lain karena lebih menyulitkan untuk diperiksa oleh anjing penjaga maupun alat pendeteksi suhu tubuh di pos-pos perbatasan.

Peristiwa ini mengingatkan 39 imigran gelap ditemukan dalam truk berpendingin di Inggris dalam keadaan meninggal. Truk ini telah menyeberang dari Pelabuhan di Zeebrugge, Belgia. Sebagian jenazah disebut berasal dari Vietnam dan diduga menjadi korban dari jaringan perdagangan manusia skala besar.

Diyakini bahwa yang meninggal adalah para pendatang asal Vietnam atau Cina yang mencoba memasuki Inggris secara ilegal.

Pihak berwenang Belgia kini meningkatkan pengawasan terhadap pelaku perdagangan manusia. Mereka bekerjasama dengan pihak berwenang Inggris dalam penyelidikan.

Akhir pekan lalu, otoritas Belgia mengatakan mereka menemukan dua truk lagi yang membawa 20 imigran, semuanya dalam keadaan hidup.

Dari berbagai sumber
Laporan: Murni Tia

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.