Imigrasi Kendari Hadirkan Program Ikeni Bersinar Layanan untuk Masyarakat

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Kantor Imigrasi Kelas I Kendari menghadirkan lima inovasi unggulan yang bertajuk Ikeni Bersinar.

Lima inovasi Ikeni Bersinar tersebut antara lain, Ikeni Salto (sampai langsung foto), Ikeni Sapa (siap antar paspor anda), Ikeni Lapak (layanan paspor antar kota/kabupaten), Ikeni Berkah (berdoa dan sedekah dan Lako Ikeni (Layanan Kolektif Imigrasi Kendari).

Kepala Imigrasi Kelas I Kendari melalui Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, Indra Gunawan Masyur menjelaskan Ikeni Bersinar ini dikemas dalam bahasa daerah khas Sultra Ikeni yang artinya Ayo Kesini. Dimana tujuan dalam lahirnya inovasi ini untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat

“Meskipun inovasi ini sudah diluncurkan pada Januari 2021 kemarin, tapi ini juga bisa dibilang merupakan inovasi di masa pandemi, karena dimasa situasi seperti ini Imigrasi harus banyak berbuat demi memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, saat menggelar silaturahmi bersama awak media di Aula Kantor Imigrasi Kendari, Jumat (26/3/2021).

Indra menjelaskan, inovasi pertama yaitu Ikeni Salto merupakan bentuk pelayanan khusus untuk warga disabilitas yang mengurus di Kantor Imigrasi.

“Inovasi ini bertujuan agar warga hanya perlu menghubungi nomor website atau WhatsApp resmi Imigrasi dan semua pengurusan berkas menggunakan jalur tersebut sehingga ketika warga datang ke Kantor Imigrasi semua pengurusan berkas telah selesai dan tinggal mengambil foto untuk pelengkapan berkas,” katanya.

Ikeni Sapa, artinya layanan pengantaran paspor langsung ke alamat pemohon sesuai KTP. Dalam hal ini, warga atau masyarakat yang ingin melakukan pengurus paspor, Imigrasi akan memberikan penawaran jika bersedia maka paspor yang sudah dibuat atau jadi pihak Imigrasi akan mengantarkan langsung sesuai alamat KTP. Namun inovasi ini sementara berlaku khusus di wilayah Kota Kendari.

“Tapi ini khusus untuk lingkup Kota Kendari saja,” terangnya.

Inovasi Ikeni Lapak, pada program ini pihak Imigrasi telah menjalankan layanan ini dibeberapa daerah seperti Kolaka, Kolaka Timur dan Konawe, layanan ini merupakan layanan paspor antar kabupaten yang biasa diadakan disetiap event-event seperti event HUT kabupaten atau event besar lainnya.

Selanjutnya inovasi Ikeni Berkah, merupakan program internal Imigrasi untuk menggalang donasi dan doa bersama bagi jajaran internal pejar dan pegawai untuk menambah nilai-nilai spiritual dan etos kerja pegawai.

“Jadi setiap Jumat kami ada kegiatan berdoa dan bersedekah sebagai motivasi kami agar terus bekerja dengan baik,” tutur Indra

Sedangkan inovasi terakhir yaitu yaitu Ikeni Lako artinya layanan kolektif Imigrasi Kendari dimana pemohon mengajukan permohonan pengurusan di Kantor Imigrasi dan pihak Imigrasi akan mendatangi langsung lokasi pemohon untuk memberikan pelayanan.

“Sejauh ini sudah ada enam instansi dalam kota yang mengajukan dan diluar kota ada dua,” jelas Indra.

Kelima inovasi unggulan ini telah diluncurkan bersamaan dengan Hari Bakti Imigrasi pada 26 Januari 2021 dan hingga saat ini terus dijalankan secara bertahap dan secara keseluruhan.

“Sebenarnya tujuan dan harapan kita membuat inovasi ini agar bisa sedikit atau membantu masyarakat dalam hal pelayanan ke Imigrasian,” tutupnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.