Indo Barometer Sebut Elektabilitas Paslon KSK-GTS Tertinggi, Litanto Bilang Ini

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Rivalitas Kery Saiful Konggoasa dan Litanto di Pilkada Konawe cukup menonjol. Di media sosial misalnya, para tim dan pendukung keduanya kerap terlihat saling sindir.

Baru-baru ini, lembaga survei Indo Barometer terang-terangan mengumumkan hasil servei mereka. Salah satu yang dirilis, yakni survei elektabilitas empat pasang calon di Pilkada Konawe, di antaranya pasangan Muliati Saiman-Mansur (Musim), Litanto-Murni Tombili (Berlian Murni), Irawan Laliasa-Adi Jaya Putra (Berhijrah), dan pasangan Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara (KSK-GTS).

Survei tersebut menyimpulkan, pasangan calon bupati dan wakil bupati (pertanyaan tertutup) dari simulasi empat pasangan itu KSK GTS memperoleh dukungan 62,1 persen. Disusul pasangan Berhijrah sebesar 15 persen. Sedangkan Berlian Murni yang selama ini digadang-gadang sebagai rival terkuat calon petahana harus puas berada di nomor urut ketiga dengan perolehan 14,5 persen. Di urutan terakhir pasangan Musim 3,6 persen. Sisanya, yang 4,8 persen menyatakan belum memutuskan pilihannya.

Menurut peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli, survei di Kabupaten Konawe dilaksanakan pada 9-16 Maret 2018 dengan jumlah responden 420 orang berusia minimal 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah.

Dijelaskan pula metode penarikan sampel menggunakan multistage random sampling. Teknisnya melalui pengumpulan data dengan wawancara tatap muka bersama responden menggunakan kuesioner sendiri. Margin error sekira 4.78 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lalu, bagaimana tanggapan Litanto terhadap survei tersebut? Saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp, Litanto berkomentar banyak. Namun, tampak masih optimis akan kemenangannya.

“Insya Allah Berlian Murni tanggal 27 bulan 6 keluar sebagai pemenang,” tulisnya singkat, (14/5/2018).

 

 

Laporan: Mas Jaya

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.