Indonesia Punya Lima Destinasi Wisata yang Lahir dari Cerita Legenda

  • Bagikan
Gunung Tangkuban Perahu. (Foto: west java incorporated)

SULTRAKINI.COM: Eksotis alam Indonesia memang tidak diragukan lagi. Memiliki banyak pulau dan ragam budaya menjadikan Indonesia banyak dikunjungi pelancong mancanegara maupun domestik. Pernahkah mengenal destinasi wisata di Indonesia yang lahir dari cerita legenda?

Sejumlah wisata alam di Indonesia menyimpan cerita legenda. Dilansir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatir RI, ada lima destinasi yang lahir dari cerita legenda.

  1. Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat

Salah satu destinasi wisata di Provinsi Jawa Barat adalah Gunung Tangkuban Perahu. Konon, wisata ini lahir dari cerita legenda terlarang antara anak dan ibu.

Dalam cerita yang berkembang, Gunung Tangkuban Perahu terbentuk dari perahu yang ditendang oleh Sangkuriang lantaran kecewa dengan Dayang Sumbi, perempuan yang dicintainya, yang belakangan adalah ibunya.

Perahu itu menjadi salah satu permintaan Dayang Sumbi kepada Sangkuring jika ingin menikahinya. Permintaan lainnya adalah membendung Sungai Citarua dalam satu malam.

Dua syarat yang dianggap mustahil dilakukan semalam ini dibuat Dayang Sumbi agar pernikahan dengan anaknya itu gagal.

Permintaan Dayang Sumbipun disetujui Sangkuriang. Ia meminta bantuan kekuatan gaib membuat perahu dan membendung sungai tersebut.

Melihat permintaannya itu hampir terwujud, Dayang Sumbi berniat menggagalkannya dengan meminta bantuan kepada para penduduk. Ia dan penduduk membuat suasana seakan-akan sudah pagi dengan memaksa ayam berkokok dan menebarkan boeh rarang (kain putih hasil tenunan).

Kalut karena merasa dicurangi, Sangkuriang menendang perahu tersebut hingga terbalik. Kini, gunung yang dianggap sebagai perahu Sangkuriang tersebut dikenal dengan Gunung Tangkuban Perahu.

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung berapi aktif yang memiliki kawah vulkanik yang cantik. Berada di ketinggian 2.084 mdpl, wisawatan dapat memanjakan mata di lokasi wisata legenda Indonesia ini.

  1. Pantai Air Manis, Sumatera Barat
Pantai Air Manis, Sumatera Barat. (Foto: Antara)

Terbang ke Sumatera Barat, ada salah satu cerita legenda yang sangat kesohor di tanah air. Cerita ini dituturkan turun-temurun dengan nilai moral yang mengajarkan untuk terus berbakti pada orang tua.

Pantai Air Manis identik dengan cerita legenda Malin Kundang. Seorang anak laki-laki durhaka pada ibunya. Dikisahkan Malin Kundang yang sukses berkunjung ke kampung halamannya. Namun saat sang ibu memanggilnya, ia pura-pura tidak mengenali dan menolak kehadiran wanita yang melahirkannya itu. Karena sedih tidak diakui putranya sendiri, sang ibu mengutuk Malin Kundang menjadi batu.

Batu yang menyerupai orang sedang bersujud tersebut berada di Pantai Air manis, Padang Selatan, Sumatera Barat. Kisah Malin Kundang mengantarkan Pantai Air Manis sebagai destinasi wisata legenda terpopuler di Indonesia hingga saat ini.

  1. Danau Toba, Sumatera Utara
Danau Toba di Sumatera Utara (Foto: Shutterstock/Shahril KMHD)

Masuk dalam lima Destinasi Super Prioritas, ternyata Danau toba menyimpan sebuah kisah legenda populer. Menurut cerita yang berkembang, Danau Toba terbentuk dari kisah seorang petani bernama Toba yang bertemu dengan seekor ikan berwarna emas.

Ketika Toba membawa pulang ikan tersebut, ternyata si ikan berubah menjadi seorang putri. Singkat cerita, mereka menikah namun sang putri mengajukan satu syarat agar si petani tidak menyebutkan masa lalunya sebagai ikan.

Sayang, suatu hari petani tersebut melanggar sumpah yang diucapkannya. Hal ini membuat sang putri bersedih dan terus menangis. Konon, tangisan sang putri membentuk sebuah danau yang kini dikenal sebagai Danau Toba.

Selain memukau karena legenda Toba dan ikan emas, Danau Toba juga menyuguhkan pesona keindahan alam yang memanjakan mata. Wisawatan juga dapat melakukan berbagai kegiatan mulai dari bermain kayak, mendayung, hingga berkemah di sekitar Danau Toba.

  1. Candi Prambanan, Yogyakarta
Candi Prambanan. (wikimedia)

Cinta dan pengorbanan merupakan kisah yang melekat di Candi Prambanan. Salah satu wisata legenda di Indonesia ini terkenal dengan kisah cinta Bandung Bondowoso yang ingin menikahi putri Roro Jonggrang.

Menanggapi pinangan tersebut, Roro Jonggrang bersedia menerimanya, namun mengajukan syarat untuk dibuatkan 1.000 candi dalam satu malam. Tidak kehabisan akal, Bandung Bondowoso meminta bantuan kekuatan gaib untuk mewujudkan permintaan tersebut.

Namun belum lengkap seribu candi dibangunnya, Roro Jonggrang memerintahkan warga untuk menumbuk padi agar ayam jantan berkokok. Hal ini menyebabkan jin yang membantu Bandung Bondowoso pergi sebelum candi terselesaikan. Konon, Bandung Bondowoso marah atas kecurangan tersebut dan mengutuk Roro Jonggrang sebagai arca ke-1.000.

Terlepas dari cerita legendanya yang menarik, saat ini Candi Prambanan dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO dan jadi salah satu candi Hindu terbesar di Asia Tenggara.

  1. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur
Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. (www.australiangeographic.com.au)

Salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO pada 1991 adalah Pulau Komodo. Dari kisah yang beredar, Pulau ini menyimpan cerita legenda. Cerita masyarakat setempat, komodo sebenarnya merupakan salah satu anak kembar dari seorang putri yang dijuluki sebagai Putri Naga dan suaminya Moja.

Karena malu memiliki anak berwujud kadal (Ora), ia mengasingkan anak tersebut ke dalam hutan. Namun suatu hari, Gerong, sang saudara kembar Ora yang berwujud manusia hendak membunuhnya dengan tombak saat berburu ke hutan.

Ketika hendak menombak, ibu mereka datang dan memberitahu kejadian yang sebenarnya. Sejak saat itu, komodo dan manusia hidup berdampingan layaknya saudara di pulau tersebut.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan