Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Berikut Fakta-Fakta Menariknya

SULTRAKINI.COM: Piala Dunia U-20 merupakan event besar bagi pesepak bola muda seluruh dunia. Setelah Asian Games pada 2018, Piala Dunia U-20 menjadi awal baik langkah Indonesia ke event lainya. FIFA telah menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Ajang olahraga bergengsi tersebut menjadi kebanggan tersendiri bangsa Indonesia ang memang haus akan event internasional. Keputusan tersebut secara resmi diumumkan dalam FIFA Council Meeting di Shanghai, China pada Kamis, 24 Oktober 2019. Rapat tersebut dipimpin Presiden FIFA, Gianni Infantino.

Beriku ini beberapa fakta menarik terkait Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

1. Pertama kali menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20
Indonesia kali pertama menjadi tuan rumah turnamen resmi FIFA. Sebelumnya, turnamen besar yang pernah digelar Indonesia adalah event sepak bola bergengsi pada 2007, yaitu Piala Asia bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Indonesia menjadi negara asia ketujuh yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 setelah Jepang (1979), Arab Saudi (1989), Qatar (1995), Malaysia (1997), Uni Emirat Arab (2003), dan Korea Selatan (2017).

2. Siapkan 10 Stadion
Sebagai tuan rumah, Indonesia telah menyiapkan banyak hal untuk ajang kali ini. Salah satunya sarana dan prasarana. Salah satu persyaratan FIFA bagi stadion yang akan menggelar turnamen adalah kursi stadion harus single seat.

Induk federasi sepak bola Indonesia atau PSSI telah menyiapkan sepuluh stadion. Arena yang dipilih, yaitu Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Patriot (Bekasi), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), Stadion Si Jalak Harupat (Bandng), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Bung Tomo (Surabaya), Stadion I Wayang Dipta (Gianyar), dan Stadion Gelora Sriwjaya Jakabaring (Palembang).

3. Calon pemain garuda Indonesia
Nama-nama pemain yang memiliki kesempatan tampil di Piala Dunia U-20 rata-rata pemain timnas U-19 masih beumur 17 tahun yang di antaranya Supriyadi, Beckham Putra, David Maulana, Rendy Juliansyah, Sutan Zico, dan Brylian Aldama yang kerap dijadiakan sebagai pemain andalan.

Ada juga saudara kembar yang diprediksi akan ikut dalam Piala Dunia U-20, yaitu Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa. Bukan hanya timnas U-19, terdapat satu pemain timnas U-23. Dia adalah Witan Sulaiman. Meski sudah bergabung di timnas U-23, Witan sebenarnya masih berusia 18 tahun.

4. Adanya dukungan dari AFF
Indonesia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 bukan hanya datang dukungan dari dalam negeri saja. Negara tetangga pun tidak luput memberikan dukungan tersebut. Khususnya negara Asean yang kerap menjadi lawan dari timnas Indonesia di ajang terbesar Asia Tenggara, AFF Cup. Dimana Federasi Sepak Bola Asean (AFF) menyatakan, negara-negara anggotanya akan menawarkan bantuan yang dibutuhkan Indonesia demi mensukseskan Piala Dunia U-20 pada 2021.

5. Mendapat satu tempat pada turnamen mendatang
Berkesempatan menjadi tuan rumah pada 2021, Indonesia mendapat jatah satu tempat pada turnamen mendatang. Indonesia pun bakal tampil di Piala Dunia U-20 untuk kedua kalinya. Setelah sebelumnya pernah ambil bagian pada tahun 1979 di Jepang.

Sumber: Kompas.com dan Liputan6.com
Laporan: Ilam Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.