SUARA

Industry 4.0, Kolaborasi Manusia dan Teknologi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Revolusi industri keempat atau Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0), tidak luput dari perhatian dunia. Salah satunya, perguruan tinggi sebagai penunjang kemampuan generasi muda di Indonesia, khususnya Sulawesi Tenggara (Sultra). Di era ini, manusia dan teknologi menjadi satu bagian yang nyaris tidak terpisahkan.

Dilansir dari Nusantaranewa.co, Industry 4.0 merupakan era digital ketika semua mesin terhubung melalui sistem internet atau cyber system. Situasi ini, membawa dampak perubahan besar di kehidupan msyarakat.

Joko Siswanto merupakan seorang yang menggeluti teknik industri di Institut Teknologi Bandung.

Industry 4.0 kata dia, terdapat empat komponen kompetensi manusia dalam dunia tersebut. Pertama, karya, keterampilan, perilaku, sikap motif, dan bakat. Kedua, ditemukan secara nyata, antara mereka yang sukses dan biasa saja di tempat kerja. Ketiga, perguruan tinggi memiliki tanggung jawab tertinggi mengembangkan kompetensi SDM melalui pendidikan akademik maupun vokasi. Keempat, mengembangkan kompetensi SDM industri 4.0 sebagai memanfaatkan sistem pembelajaran dibidang teknnologi informasi dan komunikasi.

yamaha

“Dalam mendorong Industri 4.0, ada poin yang menjadi pengukur. Pertama itu pemanfaatan kelebihan kapasitas atau siklus hidup semakin pendek, variasi produk semakin tinggi, tuntutan lingkungan hidup terhadap fasilitas produk, kekurangan SDM yang kompeten, dan kecenderungan baru,” jelas Joko Siswanto pada kuliah umum yang diselenggarakan Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra, Kamis (15/3/2018).

Kuliah umum tersebut, turut mengangkat tema “Pengembangan kompetensi dan Peran Perguruan Tinggi dalam Mempersiapkan Industrial Revolution Sumber Daya Manusia di Era Industri 4.0” di ruang Senat Rektorat lantai empat UHO.

Kuliah umum Universitas Halu Oleo Kendari, Sultra yang mengangkat tema Industry 4.0, Kamis (15/3/2018). (Foto: Faysal Ahmad/SULTRAKINI.COM)

Sejumlah perwakilan mahasiswa dari fakultas masing-masing, ikut ambil bagian sebagai peserta di kegiatan tersebut.

 

Laporan: Mita&Faysal Ahmad

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.