SULTRAKINI.COM: Saat hendak berbelanja terlebih ingin membali make up di online shop, seseorang biasanya mengalami keraguan, padahal sudah ditawarkan dengan harga yang relatif murah atau diskon, namun tetap ragu karena persoalan yang di hadapi bukan masalah harga melainkan make up tersebut cocok atau tidak sama kulit.
Ingin Belanja Kosmetik di Online Shop Tapi Takut ? Ini Tips Mengatasinya..
Ilustrasi (Foto: opera.com)

Problematika seperti ini sudah kerap dijumpai ketika akan belanja secara online. Walaupun praktis dan menyenangkan, ‘cuci mata’ dan belanja di online shop memang agak tricky. Apalagi sekarang banyak kosmetik luar negeri yang masuk ke Indonesia.

Wajar saja bila online shop yang bersaing menawarkan kosmetik impor ini makin menjamur. Hal ini karena banyak yang enggan membeli kosmetik di counter resmi dengan harga yang berkali lipat jika dibandingkan dengan harga di online shop.

Meski harganya relatif lebih murah, bukan berarti produk yang dijual di online shop itu palsu. Harganya bisa lebih murah karena tidak dikenai biaya tambahan lain atau karena mendapat diskon dan promo harbolnas 2017.

Namun, bedanya berbelanja di online shop, tidak bisa mencoba produk yang akan  beli. Masalah lain ada juga seperti apakah online shop yang kita pilih terpercaya akan mengirimkan barang sesuai dengan yang ia tawarkan. Bagaimana caranya memilih online shop dan produk yang pas untuk berbelanja. Simak tips aman membeli kosmetik di online shop, terutama kosmetik impor, berikut ini.

Cari dan lihat ulasan blogger/vlogger untuk produk yang akan dibeli

Harga kosmetik impor memang tidak murah, meski di online shop sekali pun. Harganya bisa raturan ribu rupiah. Supaya tidak salah memilih shade yang cocok, bisa cari ulasan produk yang di inginkan.

Sekarang sudah banyak blogger dan vlogger yang mengulas berbagai produk kosmetik dalam dan luar negeri, bisa mencari demo produk yang mereka lakukan. Untuk vlogger, bisa mencari yang mempunyai rona kulit yang mirip dengan kulitmu. Jadi bisa mengikuti shade makeup yang mereka pilih sebagai acuan.

Pilih online shop yang menyediakan banyak pilihan

Produk-produk di online shop memang terbilang murah dibandingkan dengan di counter resminya. Namun bisa terasa mahal juga, setelah di tambah dengan ongkir atau ongkos kirimnya. Apalagi jika yang dibeli berbentuk cairan, biasanya akan ada biaya tambahan untuk bubble wrapping agar produk tidak pecah dan tumpah.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan biaya tambahan ini adalah dengan mencari online shop yang menawarkan banyak jenis barang sekaligus, seperti makeup, skincare hingga makeup tools. Dengan begitu, kamu tidak perlu berkali-kali membayar ongkos kirim dan biaya pembungkusan, bisa berbelanja di online shop yang menyediakan layanan gratis ongkos kirim, seperti yang ditawarkan oleh situs belanja onine Bukalapak. Jadi meski kamu berbelanja di beberapa akun online shop yang berbeda,  tetap tidak perlu membayar ongkos kirim.

Cek reputasi online shop

Ada banyak sekali online shop yang menjual kosmetik. Sebelum memutuskan berbelanja, pastikan online shop yang  dipilih terpercaya. Caranya bisa dengan melihat testimoni yang ditinggalkan pelanggan lain di akun toko tersebut. Apakah testimoninya bagus, atau banyak yang kecewa terhadap produk yang mereka beli. Bisa juga meminta rekomendasi temanmu yang sering membeli kosmetik di online shop.

Juga, sebisa mungkin hindari membeli di online shop yang menjual berbagai kosmetik yang mencampur antara kosmetik dari brand ternama dan yang tidak, biasanya ada kosmetik abal-abal yang terselip di dalamnya.

Tanya admin terkait garansi barang

Ketika sudah menemukan online shop yang dirasa terpercaya, coba hubungi penjualnya. Tanyakan hal-hal seputar kosmetik yang akan kamu beli, mulai dari cara penggunaan, fungsi, rekomendasi pilihan warna, dan lain sebagainya.

Jangan lupa tanyakan kebijakan penjual terkait pengembalian atau penukaran barang yang cacat atau rusak dalam perjalanan. Apakah bisa diganti atau tidak. Seperti kalau membeli kosmetik seperti eyeshadow, blush on atau kosmetik cair lainnya. Barang-barang ini seringkali rusak di jalan. Akan lebih baik tanyakan kebijakan penjual sebelum membeli, agar tidak terjadi kesalah pahaman kemudian.


Sumber: tribunnews.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations