Iklan Clarion

Ingin Liburan Tanpa Ganggu Keuangan? Begini Tipsnya Ala Kids Zaman Now

SULTRAKINI.COM: Bagi orang-orang yang akan menikmati liburan di akhir tahun, bulan Desember merupakan bulannya surga dunia. Sebagian orang mengambil cuti untuk menikmati liburan ke tempat wisata. Destinasinya pun akan bermacam-macam, mulai dari liburan di negara sendiri, atau bahkan hingga mengunjungi luar negeri.

Bagi generasi milenial khususnya, pasti tak bisa menahan hasrat travelling-nya. Walaupun misalnya mereka tak memiliki cukup uang untuk berlibur, namun mereka akan mengusahakan sebisa mungkin untuk tetap bisa berlibur walaupun hanya dengan uang yang pas-pasan.

Namun saat ini, rasanya untuk generasi yang akrab disebut kids zaman now itu, merencanakan keuangan harus dimulai sejak dini agar kegiatan travelling mereka bisa berjalan dengan lancar. Jangan sampai budget perjalanan justru memangkas nilai tabungan dan investasi masa depan.

1. Hindari Utang

Jika sudah terjerumus dalam utang, sebaiknya mulai menghentikannya dari sekarang. Sebisa mungkin minimalkan utang, dan segera lunasi utang tersebut agar tidak menjadi beban pada tahun berikutnya.

Jangan mengeluarkan dana tabungan untuk hal yang tidak diperlukan. Alokasikan dana cicilan utang sebesar 30 persen dan ini akan menutupi semua utang.

2. Catat Rincian

Ada baiknya jika melakukan pencatatan yang baik untuk harta dan utang yang  dimiliki tahun ini, lalu bandingkan dengan akhir tahun yang lalu. Kemudian bisa menyusun kembali rencana tahun depan terutama jika misalnya akan mengalami kenaikan gaji atau bonus tahunan di tahun depan.

3. Melakukan Evaluasi

Inilah gunanya pencatatan keuangan. Seseorang bisa segera mengkondisikan keuangan dari setahun terakhir, dilihat dari sisi aset maupun tabungan serta investasi, apakah sudah mencapai apa yang diharapkan. Persipkan segala keuangan untuk menyambut datangnya tahun 2018 yang lebih baik.

Sumber: liputan6.com

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.