Festival Pesona Budaya Tua Buton

Ingin Mudik? Ikuti Tips dan Triknya Ala Kasat Lantas Polres Kolaka

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Mudik lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Begitu juga di Provinsi Sulawesi Tenggara, utamanya Kabupaten Kolaka. Arus mudik tentunya identik dengan kemacetan, keamanan diri dan kendaraan, serta sejumlah persiapan lain agar mudik aman dan nyaman.

Tradisi mudik biasanya paling dirasakan oleh para perantau. Di momen liburan, apalagi libur hingga 11 hari merupakan kesempatan besar bisa berkumpul bersama keluarga tercinta sambil merayakan kemenangan usai berpuasa selama sekitar sebulan penuh.

Arus mudik umumnya digunakan pemudik di jalur darat, laut, dan udara. Rasa letih dan faktor lainnya saat berkendara cenderung memicu kecelakaan lalu lintas, sehingga saat mudik, pemudik perlu tips dan trik agar mudik aman dan nyaman.

Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Kasman mengingatkan kepada pemudik untuk menyiapkan stamina agar fisik tetap optimal saat berkendara. Istirahat cukup sangat dianjurkan ketika bicara seputar mudik. Termasuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat dan tidak berlebihan. Sama pentingnya dengan menyiapkan kendaraan mudik, menggunakan alat pendukung keselamatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan berdoa.

“Bagi kendaraan roda dua dan empat, kita imbau, memang tanggal yang tepat untuk mudik, jangan H-2 atau H-1 baru mau mudik, selanjutnya maksimal setiap empat jam sekali istirahat di Rest area (tempat beristirahat sementara), jangan dipaksa atau terburu-buru karena berisiko, jalan santai yang penting sampai dengan selamat,” jelas AKP Kasman kepada Sultrakini.com, Selasa (28/5/2019).

Kasman juga mengajak pengendara untuk tetap berkendara aman dan taati peraturan serta rambu-rambu lalu lintas.

“Mari berkendara aman, niscaya anda akan selamat sampai tujuan. Karena keluarga anda sudah menunggu di rumah,” tambahnya.

Satlantas Polres Kolaka sendiri menyiagakan empat pos pengamanan di wilayah setempat dengan sejumlah personel yang ditugaskan bersama stakeholders terkait. Tugas mereka untuk mengontrol arus mudik dan arus balik lebaran.

(Baca: Pos Pengamanan Didirikan di Kolaka Selama Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran)

Laporan: Zulfikar
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.