SULTRAKINI.COM : MUNA - Pantai Meleura, Danau Napabale, Liang Metanduno, dan Liang Kobori adalah empat tempat wisata pilihan dewan juri lomba foto destinasi wisata Festival Pantai Meleura (FPM) 2017. Di empat lokasi ini kemudian peserta melakukan unting foto.


Ini 4 Lokasi Hunting Foto Destinasi Wisata FPM 2017
Dewan juri dan peserta lomba foto destinasi wisata FPM 2017, saat hunting bersama di Liang Metanduno. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Yunaidi Joepoet salah seorang juri nasional dalam lomba tersebut menjelaskan, tujuan dilakukan hunting bersama peserta, selain untuk mengimplementasikan serapan ilmu dari pelaksanaan workshop sebelumnya, juga dimaksukan agar bisa saling bertukar pikiran dan informasi terkait fotografi.

Selain itu, katanya, agar bisa membangun sinergitas terhadap industri pariwisata antara para peserta dari komunitas lokal fotografer.

"Melalui foto setidaknya orang bisa tahu bahwa Kabupaten Muna mempunyai banyak potensi wisata. Apa yang dihasilkan fotografer melalui karya indah dan menarik, orang kemudian melihat dan mau datang baik sekedar liburan bersama keluarga, datang berfoto atau ingin mengenal langsung wisata dan budaya Muna," kata Yunaidi saat ditemui SultraKini.com, Minggu (24/12/2017).

Dewan juri dan peserta lomba foto destinasi wisata FPM 2017, saat hunting bersama putra putri pariwisata Muna. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM)

Poin penilaian dalam lomba kali ini, kata dia, dilihat dari karya peserta yang harus bagus secara estetika, memiliki cerita (narasi) kuat, dan seberapa besar peserta mempromosikan lokasi baru pariwisata Muna serta foto terbaru yang dihasilkan.

"Tentunya orang sudah sering foto pantai Meleura atau Danau Napabale tetapi bagaimana dalam lomba ini, peserta mengangkat sisi mananya yang belum di foto orang lain. Dan itu penting dan masukan buat kebutuhan pariwisata ke depannya," ungkap Uunaidi.

Pantai Meleura di Desa Lakarinta Kecamatan Lohia, menjadi pilihan pertama dewan juri untuk melakukan hunting bersama peserta lomba foto destinasi wisata Festival Pantai Meleura (FPM) 2017, dengan menggunakan perahu menyisir sepanjang pantai.

Selanjutnya para rombongan yang diantar menggunakan Bus Dinas Perhubungan (Dishub) Muna, beranjak ke Danau Napabale, Liang Metanduno, Liangkabori. 

Dewan juri dan para peserta sibuk berburu momen untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus.

Setelahnya, dewan juri dan peserta mencoba menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) di bukit Wakila.

Laporan: Arto Rasyid

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations