SULTRAKINI.COM: Sebagian orang memiliki kebiasaan buruk saat makan yakni makan sambil berdiri atau melakukan hal yang lain. Meski terlihat sepele, kebiasaan ini bisa membahayakan kesehatanmu. Bergerak sambil makan akan menyebabkan beberapa penyakit pencernaan. Dilansir dari boldsky.com, begini penjelasannya.
 Ini Alasannya Kenapa Harus Duduk Saat Makan
Ilustrasi (Foto: NY Daily News)

1. Naiknya asam lambung

Ketika makan, makanan akan turun melalui saluran cerna untuk masuk ke lambung. Ini adalah proses yang terus berjalan dengan setiap gigitan makanan yang kamu ambil. Ketika kamu terus bergerak sambil makan, maka akan terjadi gangguan proses mencerna. Akibatnya asam lambung naik yang disertai dengan naiknya asam lambung.

2. Membuat makanan tak tercerna dengan baik

Makanan yang bisa dicerna dengan sempurna adalah salah satu akibat dari makan sambil bergerak. Karena makanan tidak bisa dipecah dengan benar, maka bisa muncul serangkaian masalah pencernaan yang disertai dengan sakit perut atau kelesuan.

3. Perut kembung

Kembung juga menjadi dampak buruk dari makan sambil bergerak. Biasanya perut yang kembung kemudian dibarengi dengan sembelit, mual, dan keinginan untuk muntah. Ketika gangguan ini mulai datang, redakan dengan makan sebuah apel.

4. Meningkatnya aktivitas kandung kemih

Selain makan sambil bergerak,  juga dilarang untuk minum sambil bergerak. Sebab kebiasaan buruk ini bisa membuat aktivitas kandung kemih meningkat. Selain itu minum sambil bergerak juga bisa membuat kadar asam lambung meningkat.

5. Sering kentut

Pembentukan gas dalam perut adalah masalah umum yang terkait dengan gangguan pencernaan akibat makan sambil bergerak. Dalam kasus ringan, pembentukan gas bisa membuatmu sering kentut. Namun dalam kasus yang merugikan, pembentukan gas akan menyebabkan nyeri dada yang parah dan bahkan stroke ringan. Apalagi jika kamu minum kopi atau minum minuman bersoda sambil bergerak.

6. Mual

Makanan yang kamu konsumsi dirancang untuk menghasilkan energi yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Namun jika kamu makan sambil bergerak dan tidak memberikan kesempatan bagi makanan untuk dicerna dengan baik, maka akan timbul perasaan mual hingga muntah.

7. Makan jadi lebih banyak

Efek merugikan lainnya dari makan sambil bergerak adalah kamu jadi cenderung makan lebih banyak. Sebab pola makan ini bisa mengacaukan sinyal tubuh untuk mencerna makanan dan akhirnya membuatmu tak bisa mengontrol nafsu makan dengan baik. 

Ketika tak bisa mengontrol nafsu makan, maka cenderung akan makan secara berlebihan. Maka, itulah beberapa efek merugikan yang akan terjadi pada tubuh jika makan sambil bergerak atau tidak dengan duduk.


Sumber: merdeka.com

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations