Ini Daftar 10 SPBU Kota Kendari Jual Pertalite Dibawah Harga 

  • Bagikan
Pengisian BBM Pertalite. (Foto: Dok. Pertamina)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat akan udara yang lebih bersih dan sehat, Pertamina menghadirkan Program Langit Biru di Kendari dengan menghadirkan promo spesial BBM jenis Pertalite dengan harga setara Premium di beberapa SPBU di Kota Kendari.

Senior Supervisor Communication & Relation Pertamina Marketing Operation Regional VII, Taufiq Kurniawan, mengatakan dari 14 SPBU di Kota Kendari ada 10 SPBU yang masuk dalam program promo pembelian Pertalite seharga Premium yakni Rp 6.450,- per liter lebih hemat Rp 1.400,- dari harga normal.

“Program ini dimulai per tanggal 14 Maret 2021 dan dilaksanakan secara bertahap bagi konsumen tertentu diantaranya kendaraan bermotor roda dua dan roda tiga, mobil ber plat kuning seperti angkutan umum kota (angkot) dan taksi,” ujar Taufiq, Minggu (14/3/2021) melalui sambungan WhatsApp.

Taufiq sampaikan melalui program promosi tersebut, pihaknya mengajak masyarakat Kota Kendari beralih ke bahan bakar yang lebih berkualitas setara Pertalite RON 90 untuk menekan polusi udara akibat tingginya emisi gas buang karena penggunaan bahan bakar ber-oktan rendah setara Premium.

Seperti diketahui, BBM yang lebih berkualitas memiliki kadar oktan (Research Octane Number/RON) tinggi, sehingga lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Bahkan, pabrikan kendaraan sudah mensyaratkan mobil-mobil keluaran 2000-an menggunakan BBM minimal sekelas Pertalite. 

Sementara itu, Unit Manager Communication & CSR Pertamina Regional Sulawesi, Laode Syarifuddin Mursali, dalam rilisnya mengatakan Program Langit Biru ini merupakan program edukasi dan promosi untuk mendorong masyarakat menggunakan BBM yang ramah lingkungan sekaligus mendukung Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 20 Tahun 2017 yang mengatur Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan sebagai upaya mengurangi pencemaran udara. 

“Tentunya pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor, salah satunya dapat dilakukan dengan penggunaan BBM yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan,” ujar Laode.

Menurutnya BBM yang lebih berkualitas akan berdampak positif terhadap performa kendaraan serta lebih irit konsumsi BBM karena pembakaran di ruang mesin lebih sempurna. Olehnya itu, pihaknya terus mendorong penggunaan produk BBM berkualitas yakni dengan menyediakan produk Pertalite dengan RON 90, Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98. 

“Program ini sebagai apresiasi karena sebelum program ini angka penggunaan BBM Ramah Lingkungan di Kendari sudah cukup bagus untuk Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo yaitu total 72 persen, artinya ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat sebetulnya, sehingga kami lakukan pemberian harga khusus secara bertahap untuk memacu masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan beralih ke bahan bakar berkualitas,” ungkapnya.

“Selain itu dengan harga khusus, kami mengajak pengendara tersebut mendapatkan pengalaman baru dengan menggunakan BBM berkualitas agar mesin kendaraannya lebih awet dan bertenaga,” katanya. 

Berikut daftar 10 SPBU Promo Pertalite Seharga Premium di Kendari. Pertalite harga khusus ini diberlakukan di beberapa SPBU Kota Kendari diantaranya :

1. 74.933.01 SPBU Brimob

2. 74.931.01 SPBU Saranani

3. 74.931.02 SPBU Konggoasa

4. 74.931.11 SPBU Lepo Lepo 

5. 74.931.06 SPBU Batarai

6. 74.931.07 SPBU Rabam

7. 74.931.09 SPBU THR

8. 74.932.11 SPBU Martandu

9. 73.932.01 SPBU Anggoeya

10. 74.931.08 SPBU Tippulu 

“Spesifikasi kendaraan keluaran tahun 2000-an sudah menuntut penggunakan BBM berkualitas. Saatnya masyarakat Kendari beralih menggunakan bahan bakar berkualitas agar udara lebih bersih dan sehat juga,” pungkanya.

Hadirnya program promosi Pertamina ini, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, melalui video yang dirilis oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Sulawesi Tenggara pada tanggal 12 Maret 2021, menyampaikan dukungan pelaksanaan program inirersebut dan mengharapkan penyediaan produk bahan bakar ramah lingkungan dapat dilaksanakan secara bertahap di Sultra dimulai dari Kota Kendari. Dalam video tersebut beliau menghimbau agar kendaraan menggunakan Bahan Bakar Berkualitas minimal Pertalite untuk kualitas udara yang lebih bersih dan sehat. 

“Saya mengajak masyarakat Sultra untuk beralih menggunakan BBM berkualitas seperti pertalite dan pertamax agar udarah lebih bersih dan sehat, saya dukung program langit biru pertamina untuk anak cucu kita,” ujar Ali Mazi, dalam vidionya. (B)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan