Iklan Clarion

Ini Kriteria yang Harus Dimiliki Calon Kades di Buton

SULTRAKINI.COM: BUTON – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton bakal menyelenggerakan pemilihan kepala desa (Pilkades ) secara serentak di tujuh desa, tepatnya 6 Maret 2016.

 

Ketujuh desa tersebut masing-masing, Desa Lapodi dan Warinta Kecamatan Pasarwajo, Desa Wakalambe dan Lambunsango Kecamatan Kapontori, Desa Ambuau Indah, serta Desa Siotapina dan Siomanuru Kecamatan Siotapina.

 

Terkait hal itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Kabag Tapem) Kabupaten Buton, Wa Ode Hanasia, mengharapkan agar pemimpin yang terpilih nantinya memiliki kualitas dan sumber daya yang baik. Hal itu mengingat kemajuan suatu daerah berawal dari majunya suatu desa.

 

\”Kan sekarang masyarakat semakin cerdas, minimal pemimpin itu yang kita harapkan memiliki kwalitas yang baik, karena majunya suatu daerah berawal dari desa,\” katanya saat ditemui diruang kerjanya, Jumat (4/3/2016).

 

Tidak hanya itu, kata Hanasia, selain cerdas dan pintar, kepala desa juga harus memiliki sifat bijaksana yang dibarengi dengan pengetahuan ilmu pendidikan, serta memilki kecerdasan emosional dan spritual.

 

\”Karena ada orang pintar mengaji tapi tidak berpendidikan sama dengan orang yang berpendidikan tapi tidak pintar mengaji, dia dia harus balance,\” ujarnya.

 

Lanjut Hanasia, pada prinsipnya seorang pemimpin dalam mengemban tugasnya harus mengutamakan kepentingan masyarakat dan daerahnya, tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi dan kelompoknya. Karena amanah yang diberikan masyarakat harus dijalankan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

\”Amanah itu dulu, karena itu adalah tugas yang paling utama, jangan dulu pikirkan honor atau gajinya, jalankan dulu amanahnya baru harapkan honor,\” jelasnya.

 

Untuk diketahui, anggaran yang digunakan pada Pilkades serentak bersumber Pemda Buton melalui APBD 2016 sekitar Rp106 juta.(C)

 

Editor: Gugus Suryaman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.