Ini Lokasi yang Disiapkan AP II untuk Bandara Baru Soekarno-Hatta

  • Bagikan
Ini Lokasi yang Disiapkan AP II untuk Bandara Baru Soekarno-Hatta

SULTRAKINI.COM: JAKARTA – PT Angkasa Pura II berencana membangun bandara baru, yakni Soekarno-Hatta 2.

Bandara baru tersebut dibangun untuk mengatasi padatnya jumlah penumpang dan lalu lintas pesawat di Bandara Soekarno-Hatta eksisting.

Direktur Utama Angkasa Pura II ( AP II), Muhammad Awaluddin menyatakan ada sejumlah lokasi yang tengah dijajaki untuk pembangunan bandara baru tersebut.

Pertama yakni di lokasi sekitar bandara eksisting, dan kedua di kawasan pantai utara Tangerang.

“Kami masih mengkaji lokasi-lokasi tersebut untuk dipilih sebagai tempat pembangunan bandara baru, Soekarno-Hatta 2,” ujarnya kepada Kompas.com akhir pekan lalu.

Saat ini AP II tengah menyiapkan studi kelayakan atau feasibility studies untuk pembangunan bandara baru tersebut. Selain lokasi, kajian juga akan menyentuh pada aspek biaya dan investasi yang dibutuhkan.

Pembangunan bandara baru tersebut untuk mengatasi semakin padatnya jumlah penumpang dan pergerakan pesawat yang menggunakan Bandara Soekarno-Hatta yang ada saat ini.

Direktur Utama Angkasa Pura II (AP II), Muhammad Awaluddin mengungkapkan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta yang eksisting diperkirakan akan mencapai titik maksimal pada 2025.

Awaluddin mengungkapkan, pada 2025 jumlah penumpang yang ada di Bandara Soekarno-Hatta diprediksi telah mencapai sekitar 100 juta penumpang. Jumlah tersebut melampaui daya tampung Bandara Soetta yang eksisting.

Adapun saat ini kapasitas Bandara Soekarno-Hatta mencapai sekitar 60 juta penumpang per tahun.

Guna mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang di bandara Soekarno-Hatta eksisting, AP II saat ini tengah menyiapkan pembangunan terminal 4 yang berada di kawasan pergudangan Soewarna.

Sumber: Kompas.com

  • Bagikan