Pilkada koltim

Ini Pentingnya Peserta JKN-KIS Membawa Kartunya Saat Mudik

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), tetap mendapatkan jaminan maupun pelayanan kesehatan sepanjang H-8 hingga H+8 Idul Fitri 1439 Hijriah atau 7-23 Juni 2018.

Kapala BPJS Kesehatan Kota Kendari, Hendra J Rompas, menjelaskan prinsip protabilitas dalam program JKN-KIS bisa dirasakan di kondisi mudik lebaran. Peserta dari luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama dapat mengakses pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama.

“Itu menjadi kerja sama BPJS dan faskes (Fasilitas Kesehatan), faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” jelas Hendra dalam konferensi pers tentang Mudik Nyaman bersama BPJS di aula kantor BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Senin (4/6/2018).

Keuntungan demikian, perlu dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi peserta JKN-KIS saat mudik. Sebab, pelayanan tersebut akan berlaku juga di FKTP non puskesmas (klinik pratama dan dokter praktek perorangan) yang membuka praktek pelayanan kesehatan.

Pilkada

Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka pelayanan FKTP, peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit umum untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Penting bagi peserta JKN-KIS untuk selalu membawa karta pesertaannya pada saat mudik. Tapi itu hanya berlaku bagi peserta yang masih aktif,” terang Hendra.

BPJS Kesehatan juga, meluncurkan aplikasi mudik BPJS Kesehatan yang menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya-jawab BPJS kesehatan, lokasi-lokasi penting dan hal lainnya yang berkaitan dengan informasi tentang BPJS Kesehatan.

“Untuk memastikan iuran peserta, juga dapat dilakukan melalui aplikasi mobile JKN. Di situ juga dapat melihat daftar fasilitas kesehatan terdekat yang bisa dikunjungi saat membutuhkan pelayanan kesehatan,” tambah Hendra.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.