SULTRAKINI.COM: Rokok elektrik saat ini tengah di ganrungi para perokok, dengan alasan lebih sehat dari rokok tembakau. Selain itu rokok jenis ini juga dianggap tidak terlalu berbahaya.
Ini Penyakit Mengerikan Pengguna Rokok Elektrik
Rokok elektrik (Foto: sultrakini.com)

Namun sebuah penelitian terbaru yang dilansir dari boldsky.com, menemukan bahwa rokok elektrik bisa memicu efek 'kebal' di paru-paru yang kemudian bisa menyebabkan penyakit radang paru-paru yang mematikan.

Penelitian dari di Universitiy North Carolina, Amerika Serikat, menemukan terjadi reaksi biologis sel dan cairan terhadap zat luar yang asing bagi tubuh. Reaksi ini membuat paru-paru lambat laun jadi kebal dari penyakit hingga muncul inflamasi atau peradangan.

"Selama penelitian, peneliti menemukan terjadi peingkatan neutrofil di saluran pernapasan pengguna rokok elektrik. Meskipun neutrofil ini penting dalam melawan patogen, namun jika jumlahnya tidak terkendali, bisa berkontribusi menyebabkan peradangan paru-paru seperti Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK) dan Fibrosis Kistik," terang penelitian ini.

"Selain bahaya tersebut, peningkatan neutrofil juga bisa mematikan sel di epitel dan endotelium atau jaringan yang melapisi pembuluh darah dan organ. Sehingga bisa disimpulkan bahwa rokok elektrik pun bisa membahayakan tubuh.


Sumber: merdeka.com

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations