SULTRAKINI.COM: KENDARI - Festival Konasara mulai dipersiapkan Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara yang nantinya digelar pada 31 Desember 2017 sampai 6 Januari 2018.

Intip Konsep Festival Konasara yang Menargetkan 5.000 Wisatawan
Bupati Konawe Utara, Ruksamin (tengah) dalam soft launching Festival Konasara di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu (3/12/2017). (Foto: Nova Aliza/SULTRAKINI.COM)

Festival Konasara merupakan perayaan memperingati hari ulang tahun Konut ke-11 yang jatuh tanggal 2 Januari 2018.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan festival nantinya dibuat semeriah mungkin dengan target kunjungan 5.000 wisatawan domestik dan mancanegara. Kemeriahan juga ditujukan untuk meningkatkan pencitraan Indonesia sebagai negara destinasi wisata terindah, aman, nyaman, dan eksotik bagi pengunjung.

"Melalui kegiatan ini kami ingin menarik minat wisatawan untuk berkunjung di Konawe Utara, menyaksikan potensi pariwisata yang ada di Konawe Utara," kata Ruksamin, pada soft launching Festival Konasara di salah satu hotel di Kota Kendari, Minggu (3/12/2017).

Untuk menunjang itu, lanjut dia, pihaknya menyediakan berbagai promosi produk UMKM, produk pariwisata, hasil produk kelautan dan perikanan, pertanian dan perkebunan, kesenian adat istiadat, dan kebudayaan yang ada di Konut.

"Tujuan untuk menarik investor dan wisatawan yang berkunjung di Konawe Utara, sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi rakyat," tambah Ruksamin.

Sejumlah rangkaian kegiatan bakal terselenggara dalam Festival Konasara. Misalnya, lomba karya tulis, Kirab budaya Mosehe Wonua, pengukuhan lembaga adat dan seminar budaya, lomba/pertunjukan seni budaya yang meliputi Tarian Lulo/Lariangi, musik gambus, dan Mombesara.

Ada juga berbagai perlombaan bakal terselenggara, yakni olahraga tradisional seperti enggrang dan main hadang, bola voli pantai, futsal pantai, lomba pemilihan Luale Anandonia Konasara, lomba fotografi, lomba kuliner, lomba balap perahu katinting, lomba perahu hias, lomba tarik tambang perahu, pesta lampion 11.000 buah dan Tari Lulo menelusuri Pantai Taipa-Pantai Laime.

"Saya harap kegiatan ini dapat berlangsung sesuai harapan kita, dan target wisatawan dapat tercapai," ucap Ruksamin.

Dijadwalkan sejumlah tamu undangan turut memeriahkan kegiatan itu. Seperti jajaran Pemerintah Daerah se-Sultra yang dapat perpartisipasi mempromosikan potensi daerahnya di Festival Konasara tersebut.


Laporan: Nova Aliza

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations