Festival Pesona Budaya Tua Buton

Intip Patikala di Stan Kolut, Tanaman Berkhasiat Tinggi yang Mirip Nanas

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Expo Sulawesi Tenggara (Sultra) tinggal dua hari lagi, tepatnya 23-27 April 2019. Di sisa waktu itu, ada baiknya berkunjung ke stan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) di kawasan MTQ Kendari. Petugas stan memamerkan tanaman patikala yang bentuknya mirip buah nanas, yang khasiatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Patikala bentuknya sangat unik dan mirip buah nanas. Bedanya, nanas memiliki kulit buah kasar sedangkan patikala lebih halus. Namun lekukan buahnya mirip sedang warnanya merah jambu atau kuning muda.

Kabarnya, tanaman bernama latin Etlingera Elatior ini banyak ditemukan di Kolut dan lebih dikenal dengan sebutan Pacikala.

“Pacikala itu berfungsi sebagai pengganti asam jika dicampurkan ikan, juga bisa diolah menjadi jus karena rasanya yang kecut,” ujar Kepala Seksi Pengembangan SDM Koperasi dan UKM Kolut, Rahmawati, Rabu (24/4/2019).

Meski cenderung kecut, jus Pacikala difavoritkan masyarakat karena khasiatnya yang mengobati kolesterol dan menurunkan berat badan.

Proses pengolahannya menjadi jus terbilang mudah. Cukup mencuci Patikala hingga bersih dan dimasak, lalu diblender hingga dihidangkan ke dalam gelas berisikan es batu dan air secukupnya. Ada baiknya tidak menambahkan gula, biar rasa khasnya tidak hilang.

Selain Patikala, di stan Kolut bisa dijumpai beragam hasil pertanian, berupa biji pala, lada, cokelat, kacang tanah, jagung ungu, cengkeh, bawang merah, bawang putih, beras, talas jepang, sawi, buah naga, dan salak.

Komoditas terbesar Kolut adalah marica, cokelat, kelapa, dan pala. Untuk kelapa, oleh warga setempat dikeringkan dan diproduksi menjadi minyak goreng.

Laporan: Wulandari
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.