Iklan Clarion

IOX Jajal Alam Sulawesi, Mantan Kapolri dan Budi Waseso Ikut “Cicipi” Medan

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Indonesia Offroad Expedition (IOX) akan menjajal alam Sulawesi mulai 7-21 Oktober 2017. Sebanyak 269 offroader regional, nasional, dan internasional turut serta dalam kegiatan ini.

Kegiatan bertajuk Expedition Celebes tersebut, diikuti tim mobil sebanyak 20 dengan 71 mobil. Sedangkan tim motor sebanyak 8 tim dengan 44 motor. 

[ Klik Banner untuk ke Halaman Registrasi ]

Ekspedisi ini sendiri dibagi menjadi empat kategori, yakni kategori offroad untuk kendaraan 4×4 dan motor serta kategori wisata (overland) kendaraan 4×4 dan motor. “IOX overland merupakan kategori untuk menyalurkan minat offroader yang lebih menyukai tema wisata,” terang Ketua Panitia Kegiatan, Firzal, di salah satu hotel di Kota Kendari, Jumat (6/10/2017).

Selama 15 hari dengan jarak 1.500 kilometer para offroader ini akan menjajal sejumlah tempat di daratan Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Selatan. Kendari dipilih sebagai titik keberangkatan dan berakhir di Makassar. Nantinya offroader akan melewati Routa-Rante Angin yang sekaligus merupakan medan yang diklaim paling sulit.

Dijelaskan Fion Kamil selaku penanggungjawab rute dan lintasan, kondisi medan sangat menantang mengingat sudah 20 tahun tak dilalui kendaraan. Terdapat sekitar 21 pohon yang tumbang yang harus dibersihkan peserta serta melalui empat rawa setinggi kap mesin dan menyeberangi beberapa sungai lebar dan dalam dengan arus yang deras. 

“Kita berharap tidak hujan deras, karena hujan dikhawatirkan akan menyulitkan peserta menyeberang, mengingat track ini adalah track satu arah,” kata Fion.

Rombongan juga nantinya akan singgah di Matano, kemudian ke Koroni dan memasuki kawasan Rampi. Perjalanan ke kawasan Rampi ini nantinya, tanpa gambaran awal medan karena pihak panitia tidak melakukan survei terlebih dahulu di wilayah tersebut.

Peserta juga akan bergerak menuju wilayah Toraja lalu ke Soppeng dan memasuki Makassar sebagai titik akhir ekspedisi. Tak hanya sekedar menjajal medan offroad, sejumlah kegiatan juga dilakukan peserta.

“Agenda ini bukan sekedar jalan-jalan melainkan menggali pesona alam Sulawesi yang sebelumnya tidak diketahui dunia. Makanya ikut juga media nasional dan asing serta pihak Kemenpar. Kita juga menggelar bakti sosial dan sosialisasi narkoba di perkampungan tempat pos perhentian kami. Kita juga belajar tentang sejarah, budaya, dan sosial wilayah yang kita lalui,” terang Ketua IOX Pusat, Yoyok.

Dalam rombongan ini juga turut ikut mantan Kapolri Jenderal (Purn) Rusmanhadi dan Kepala BNN Pusat Budi Waseso yang ikut mencicipi medan. Juga terdapat dua wanita pada kategori motor.

IOX merupakan agenda yang sudah menjadi liputan utama media otomotif dunia seperti Auto Bild Jerman, Landmag Perancis, dan media dunia lainnya baik Eropa, Amerika, Jepang dan Thailand sejak tahun 2012. 

IOX 2017 Celebes merupakan event tahunan, kelanjutan kegiatan sebelumnya yaitu IOX 2012 Bukit Tinggi-Palembang, IOX 2013 Sabang-Medan, IOX 2014 Lahat-Monas, IOX 2015 Jakarta-Surabaya, dan IOX 2016 Yogyakarta-Bali. 

Kendari-Makassar sendiri dipilih sebagai lokasi dikarenakan menjadi target pihak IOX dapat merambah seluruh wilayah Indonesia. Medan yang akan dilalui ini sebelumnya telah disurvei selama tiga bulan sejak Juni 2017 lalu.

Laporan: Didul Interisti

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.