Pelantikan kapolri

Istri dan Kakak Perempuan Pimpinan ISIS Ditangkap Pasukan Militer Turki

SULTRAKINI.COM: Pasukan militer turki berhasil menangkap istri dan saudara Abu Bakr Al-Baghdadi. Penangkapan ini disampaikan oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Dia juga menyindir Presiden Amerika Serikat (AS) dalam hal penangkapan itu.

Baghdadi tewas setelah meledakkan bom bunuh diri di sebuah terowonga saat dikepung Pasukan Delta AS di kawasan timur laut Suriah pada 26 Oktober lalu. ISIS membenarkan pemimpim mereka meninggal lewat rekaman suara yang diunggah secara online. Mereka bersumpah akan membalas hal tersebut kepada Amerika Serikat.

Ibrahim Awwad Al-badri atau dikenal Abu Bakr Al-Baghdadi merupakan pemimipin tertinggi ISIS. Menurut sumber Al-Arabiya, dia merupakan dosen jurusan studi agama di Irak. Baghdadi lahir pada 1971 di Samara, Irak.

Presiden Turki mengumumkan penangkapan istri Al-Baghdadi setelah penangkapan saudarinya, Rasmiya Awad. Dia ditangkap pada saat operasi di Kota Azaz pada Senin, 4 November 2019 yang dikuasai oleh Turki. Meskipun kota itu berada di wilayah Suriah.

Menurut Pejabat senior Turki yang tidak disebut namanya mengatakan, Awad sedang bersama lima anak pada saat penangkapan.

“Kami berharap untuk mengumpulkan informasi intelijen yang berharga dari saudara perempuan Baghdadi soal cara kerja internal ISIS,” ucap pejabat senior Turki tersebut.

Hanya sedikit informasi yang didapat dari Awad. Belum ada verifikasi resmi sosok yang ditahan benar kakak kandung Baghdadi. Awad mulai ditahan setelah serangan terhadap unit perumahan kontainer logam di Azaz.

Direktur Bidang Komunikasi Turki Fahrettin Altun, mengatakan di akun Twitter bahwa perempuan yang ditahan (Awad) merupakan bukti nyata Turki dalam memerangi ISIS. Penahanan kakak Baghdadi menjadi salah satu contoh sukses operasi pemberantasan terorisme yang dilakukan Turki.

Sumber: Tempo.co dan Detiknews
Laporan: Ilam Sari

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.