Isu Banjir Hebohkan Konawe, Warga Panik

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Diterpa Isu banjir besar yang akan melanda sejumlah wilayah membuat warga di Konawe heboh. Warga pun mengaku resah dengan beredarnya informasi seputar banjir itu. Bahkan dikabarkan telah ada warga kampung tertentu yang coba mengungsi.

 

Isu tersebut mulai heboh sejak Kamis (13/3). Kabar akan terjadinya banjir, terdengar sejak siang. Malamnya, isu tersebut semakin memanas. Akibatnya, banyak warga yang was-was dan tidak tidur nyenyak. Bahkan banyak dari mereka yang penasaran, datang langsung ke bendungan untuk melihat debit air.

 

Menanggapi isu tersebut, Juru Pintu Air Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV, Bendungan Wawotobi, Ruslin menampiknya. Katanya, isu tersebut hanya kabar menyesatkan. Pihaknya, selaku orang yang bertanggungjawab mengawasi debit sungai Konaweha, mengaku tidak pernah mengeluarkan himbauan.

 

yamaha

Namun Ruslin tidak menampik jika terjadi peningkatan debit air yang cukup besar di sungai tersebut. Katanya, pengamatan pada tanggal 31 Maret pukul 06.00 Wita, ketinggian air yang terlihat di Piskal (alat ukur air) mencapai 170 cm. Pada pukul 18.00, debit air naik menjadi 210 cm. Pengamatan selanjutnya pada pukul 21.00, ketinggian air naik lagi menjadi 250 cm. Kondisi tersebut tidak berubah hingga pengamatan pada pukul 07.00, 1 April. Hingga berita ini ditulis, ketinggian air pada pengamatan pukul 09.00 mencapai 265.

 

\”Siaga satu akan kami keluarkan laporannya kalau ketinggian air mencapai 350 cm. Kalau saat ini masih kami anggap normal,\” ujarnya.

 

Ruslin berharap, kondisi cuaca di hulu sungai segera memabaik. Ia juga menghimbau agar masyarakat tidak cemas dengan isu yang beredar. Informasi resmi jika bencana akan terjadi akan disampaikan sesegera mungkin dari pemerintah.

 

Editor : Taufik Qurahman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.