Iklan Clarion

Jaga Laut NKRI, Tugas Armada TNI AL Semakin Berat

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari memperingati HUT Armada RI 2016 di Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut, Senin (5/12/2016). Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Kendari, Kolonel Laut (P) Aris Harijadi, memimpin langsung peringatan yang bertempat di Mako Lanal tersebut.

Peringatan Hari Armada merupakan kegiatan untuk mengenang dan memperingati terbentuknya Armada RI sebagai tulang punggung kekuatan pertahanan negara di laut. 

“Setiap tanggal 5 Desember kita peringati HUT Armada untuk kita ingat kembali jasa-jasa senior kita. Armada RI ini merupakan satuan operasional TNI AL untuk jaga wilayah laut di seluruh wilayah NKRI,” ungkap Kolonel Aris.

Menurutnya, peringatan HUT Armada merupakan eksistensi dan juga momentum untuk mengingatkan berdirinya Armada RI untuk sarana utama pencapaian tugas TNI AL.

Hingga saat ini kekuatan utama TNI AL yakni kapal perang, pesawat udara, marinir, dan pangkalan adalah empat elemen Armada untuk melindungi keamanan laut dan kedaulatan NKRI sebagaimana yang disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Ade Supandi.

Armada RI dituntut untuk mampu selesaikan berbagai tugas yang semakin kompleks dan dinamis sejalan visi Presiden RI Joko Widodo yang menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Terkait hal tersebut Armada laut harus hadir untuk menjaga NKRI dari pihak asing yang tidak diinginkan dengan segenap kemampuan sistem alutsista terpadu.

Penurunan kasus pelanggaran di wilayah kelautan sangat diharapkan dengan adanya armada laut yang melindungi sumberdaya alam di laut, menjaga keamanan dan keselamatan dalam pertahankan kedaulatan RI.

“Kita tetap eksis dilaut dengan alutsista yang ada, sejauh ini kasus pelanggaran laut diwilayah Sultra selama 2016 tidak ada sama sekali. Untuk upaya peningkatan kinerja individu dan satuan AL kita selalu bertugas dan berdinas serta latihan bersama unsur maritim lainnya,” pungkas Kolonel Laut (P) Aris Harijadi kepada awak media usai upacara peringatan HUT Armada RI 2016.

Reporter: Rian Adriansyah

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.