SUARA

Jalan Berlubang, Wungka Toliamba Kerap Menelan Korban

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Kerusakan jalan raya Wungka Toliamba, tepatnya di tanjakan Taibete perlu ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi. Pasalnya, di jalan yang menghubungkan Jambu dan Taibete (Rupu) ini hampir setiap hari terjadi kecelakaan.

Banyaknya jalan berlubang berderet serta batu kerikil yang berhamburan dijalan, Diduga menjadi penyebab terjadinya kecelakaan. Sebab para pengendara harus berkelok kelok melajukan kendaraan-nya guna menghindari lubang, dengan kondisi jalanan yang berkerikil hal tersebut tentu berbahaya karna bisa menyebabkan roda kendaraan menjadi slip.

Terbukti pada Senin (25/7/2016) sekitar pukul 22.00 WIB, jalan penuh berlubang ini kembali memakan korban. Seorang pengendara roda 2 bernama La Coly, yang merupakan warga Kelurahan Mandati, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan luka-luka setelah terjatuh di jalanan ini.

Diceritakannya La Coly usai mengalami musibah kecelakaan, saat itu, ia melaju dari arah Taibete hendak pulang ke rumahnya (Mandati). Saat dirinya hendak turun Gunung Wungka Toliamba, motor yang digunakannya terperosok ke aspal.

“Saya tadi hampir di tabrak sama Truk, gara-gara saya jatuh di gunung pas mau turun tanjakan. Untung saja saya cepat bangun dan angkat motorku, kalau tidak, ‘huf..mungkin sudah di giling sama mobil besar itu.” Kata La Coly

yamaha

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kabid Binamarga Dinas Pu Wakatobi, Masuf Hakal mengatakan, untuk kerusakan jalan tersebut, setiap tahun pihaknya telah melakukan perbaikan. Namun kondisi di tanjakan membuat jalan cepat rusak karena terkikis air hujan.

“Aspal mana yang bisa tahan jika terkena air hujan. Kami akan segera melakukan peningkatan jalan minimal 30 cm dari permukaan sebelum-nya. Jika ingin mendapatkan hasil yang bagus, perlu dilakukan cutting namun membutuhkan waktu yang lama,” Kata Masuf Hakal

Ma’suf juga menambahkan, dirinya beserta para anggotanya akan segera turun lapangan untuk melihat kondisi jalan tersebut.

“Terima kasih atas segala keluhannya yang disampaikan kepada kami. Dengan adanya keluhan ini, kami sebentar akan segera turun lapangan untuk melihat kondisi jalan tersebut untuk segera di perbaiki secepatnya,” ujarnya.

Ia juga berjanji akan segera turun meninjau jalan rusak tersebut, karena dihawatirkan akan makin banyak korban.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.