Jalan Menuju Morowali Terputus Karena Banjir

  • Bagikan
Bupati dan wakil bupati bersema dinas BPBD,Sosial,Dinkes,Satpol PP saat meninjau lokasi jalan yang terputus akibat banjir. (Foto: Sulham Tepamba/SULTRAKINI.COM)
Bupati dan wakil bupati bersema dinas BPBD,Sosial,Dinkes,Satpol PP saat meninjau lokasi jalan yang terputus akibat banjir. (Foto: Sulham Tepamba/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir yang melanda Kecamatan langikima dan kecamatan Wiwirano, Kabupaten konawe utara, akses jalan menuju Sulawesi Tengah terputus karena terendam banjir.

Badan jalan Trans Sulawesi yang menghubungkan Kabupaten Morowoli tidak didapat lalaui oleh kendaraan yang disebabkan ketinggian air mencapai 4 meter di badan jalan dan sepanjang 300 meter air berarus di atas aspal, jalan yang banjir ini adalah satu-satu jalan yang dapat menghubungkan Kecamatan Wiwirano dan kabupaten Morowali.

Menurut keterangan, Kepala Dinas Sosial, Sudin, dari laporan tim gagana di lapangan menjelaskan banjir besar ini terjadi sejak pukul 10.00 wita,Senin (21/5/2018) hingga siang hari ni. Hujan deras itu menyebabkan sungai wiwirano meluap dan tidak bisa di lewati.

“Badan jalan yang banjir di sebabkan air yang meluap dari sungai sehingga air lari ke badan jalan, dari data yang ada sekarang ada 5 titik banjir yang tidak dapat di lewati kendaraan menuju wiwirano dan sulteng”ungkap Sudin

Bupati Konut bersama Wakil yang akan meninjau lokasi banjir di Desa Plora Indah tidak bisa menijau langsung ke rumah warga yang di sebabkan banjir tidak dapat di lewati karna air yang begitu keras. Jalan menuju desa plora, dari pantauan media bupati bersama wakil masi mencari solusi agar masyarakat yang terkena banjir semua dapat di selantkan

“Saya sudah mengarahkan dinas terkait yaitu BPBD dan sosial untuk segera mengevakuasi warga dulu, barang yang masi di selamatkan jangan pikir dulu rumahnya tapi pikir dulu manusianya agar selamat dari banjir, soal rumah masi bisa kita perbaiki, yang penting masyakat saya selamat’ ungkap Ruksamin Bupati Konut

Midan Salah satu karyawan yang bekerja di salah satu tambang di morowali, tidak dapat melanjutkan perjalanan yang di sebabkan jalan tidak bisa di lewati.

“Saya mau ke morowali kerja di tambang. tapi karna banjir ini tidak bisa di lewati, terpaksa harus balik kerumah lagi untuk menunggu banjir ini turun” ujarnya

Dari pantauan SULTRAKINI.COM, puluhan kendaraan roda empat dan roda dua bersusun panjang sekirtar 2 kilo di tempat terputusnya jalan, Kendaraan roda empat rata-rata menuju kabupaten morowali.

 

Laporan: Sulham Tepamba

  • Bagikan